25.000 benih ikan jelawat ditebar di Sungai Pangumbak Muba

id ikan,ikan jelawat,sungai ,pad,kabupaten muba,musi banyuasin

25.000 benih ikan jelawat ditebar di Sungai Pangumbak Muba

Ilustrasi - Petugas menebar benih ikan bantuan dari Pemprov Jawa Timur di Embung Pilangbango Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (20/10/2020). (ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menebar 25.000 benih ikan jelawat di Sungai Pengumbak, Desa Petaling, Jumat untuk menjaga ekosistem sungai dan meningkatkan populasi sungai.

Kepala Dinas Perikanan Kapaten Musi Banyuasin (Muba) Hendra Tristomi mengatakan program ini menggunakan dana APBD 2021 yang sudah menjadi agenda rutin tahunan pemkab.

Penebaran benih ikan ini merupakan upaya pemerintah dalam menanggulangi penurunan hasil penangkapan ikan di perairan umum, baik secara secara kualitas dan kuantitas.

Selain itu, untuk mendorong kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan perairan untuk pengembangan kegiatan perikanan berbasis budi daya.

“Kami ingin menambah stok ikan di perairan,” kata dia.

Pemkab juga bermaksud mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Sementara, Camat Lais Demoon Hardian mengatakan Sungai Pengumbak merupakan penunjang kehidupan masyarakat.

Sungai di Kecamatan Lais itu merupakan objek lelang setiap tahun guna menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Musi Banyuasin.

"Jika populasi ikan di sungai ini terus berkurang, tentunya akan mengganggu kehidupan masyarakat. Untuk itu, kami berterima kasih sekali ada upaya dari pemerintah untuk menebar benih ikan," kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021