Bupati OKU Timur resmikan Desa Muncak Kabau sebagai Desa Bersih Narkoba

id Desa Bersih Narkoba, Mucak Kabau, Ogan Komering Ulu Timur, penyalahgunaan narkoba, Hari Anti Narkotika Internasional, Bu

Bupati OKU Timur resmikan Desa Muncak Kabau sebagai Desa Bersih Narkoba

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah. (ANTARA/HO/21)

Martapura (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu Timur Lanosin Hamzah meresmikan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Desa Muncak Kabau, Kecamatan BP Bangsa Raja dalam rangka memperingati Hari Anti-Narkotika Internasional (HANI) ke-33 tahun 2021, Senin.

"Desa Bersinar ini perdana ada di Kabupaten OKU Timur," kata Bupati Lanosin Hamzah di Martapura, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, Senin.

Dia mengatakan, peresmian Desa Muncak Kabau sebagai Desa Bersinar ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba di wilayah OKU Timur.

Desa Bersinar adalah desa yang melaksanakan program-program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara mandiri, baik itu kegiatan pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi.

Dipilihnya Desa Muncak Kabau sebagai Desa Bersinar karena memenuhi beberapa indikator seperti telah melaksanakan kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba secara mandiri di desa setempat.

Selain itu, masyarakat di wilayah itu juga sebagian besar sudah memahami tentang bahaya akibat narkoba dan mampu menangkalnya sedini mungkin.

Kemudian, adanya dukungan Polindes dalam rangka rehabilitasi korban penyalahgunaan narkotika dan relawan serta penggiat antinarkoba yang sudah terbentuk di desa setempat.

Menurut Bupati, dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba tidak dapat dilakukan oleh pemerintah sendiri, namun dibutuhkan sinergi dengan masyarakat mengingat peredarannya sudah menyebar luas merusak generasi bangsa hingga ke pelosok desa.

"Oleh sebab itu, Pemkab OKU Timur mendukung penuh program pemberantasan narkoba ini seperti meresmikan Desa Bersinar termasuk menyiapkan lahan untuk BBNK baik untuk kantor maupun guna membangun rumah rehabilitasi pasien narkoba," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten OKU Timur AKBP Efriyanto Tambunan menambahkan, launching Desa Bersinar ini perdana diresmikan di Desa Muncak Kabau, Kecamatan BP Bangsa Raja.

“Program Desa Bersinar ini sebenarnya sudah lama ditentukan, namun terhambat karena ada beberapa kendala akibat COVID-19 sehingga baru diresmikan hari ini," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar