Rawat body mobil jadi kembali mengkilap di rumah dengan cara ini

id tips otomotif,bersihkan mobil,coating,Berita palembang, body mobil

Rawat body mobil jadi kembali  mengkilap di rumah dengan cara ini

Ilustrasi - Perawatan mobil. ANTARA/Shutterstock/am.

Jakarta (ANTARA) - Setelah melakukan perjalan jauh dengan kendaraan kesayangan, ada baiknya kita memperhatikan kembali penampilan dari kendaraan yang kita miliki dengan merawatnya secara mandiri.

Terdapat beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan kecerahan bagian body kendaraan agar nantinya nyaman ketika digunakan dalam aktifitas sehari-hari.

"Usai libur Lebaran, AutoFamily bisa membersihkan dan merawat body mobil agar kembali resik dan apik untuk dipakai kembali beraktivitas," ungkap Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara yang dikutip dari laman resminya Senin.

1. Cuci Bagian Luar Mobil Hingga Bersih

Pemilik kendaraan perlu memastikan bahwa mobil yang sudah dicuci dan sudah kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil, termasuk kolong mobil mengingat saat ini mulai masuk musim hujan dan kotoran menempel di kolong mobil untuk menghindari timbulnya karat.

Periksa bagian yang bisa menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.



2. Hilangkan Noda yang Membandel

Periksa mobil dari risiko terkena noda atau jelaga akibat polusi udara, aspal, dan serangga. Gunakan cairan khusus pembersih serangga dan noda, jangan dicungkil karena bisa membuat bodi mobil baret.

Untuk kaca, bisa memanfaatkan glass cleaner agar tidak menyebabkan kabut. Cairan ini juga melapisi kaca sehingga air hujan bisa langsung turun seperti air di daun talas.

3. Bersihkan Kabin Mobil, Bagasi, dan Ruang Mesin

Keluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih dan sabun pembersih. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam kabin seperti kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan, termasuk area bagasi.

Hindarkan menyemprot ruang mesin dengan air bertekanan, terutama bagian yang terkait dengan kelistrikan dan cukup gunakan lap basah untuk mengangkat kotoran.

5. Poles Bodi Mobil

Poles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya resik dan berkilau kembali. Selain itu, di tahap akhir pemolesan biasanya dilakukan waxing guna memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung untuk menahan paparan sinar matahari.

Untuk AutoFamily yang menginginkan hasil poles maksimal, tidak capek dan mudah. AutoFamily dapat berkunjung ke bengkel Auto2000 Bodi dan Cat yang juga memiliki layanan salon mobil.

6. Periksa Kondisi Bodi Mobil

Kondisi bodi mobil yang bersih tanpa noda membuat AutoFamily bisa melakukan pemeriksaan kondisi bodi mobil dengan mudah dan nyaman. Tandai jika ada panel bodi yang baret atau penyok dan segera bawa ke bengkel Bodi dan Cat Auto2000 untuk dilakukan perbaikan.

"Urusan Toyota lebih mudah, manfaatkan fasilitas Express Body & Paint untuk hasil yang cepat dan prima, termasuk program Kilau Toyota Pilihan yang memberikan kemudahan perbaikan dan perawatan bodi mobil cukup dengan memesan lewat Auto2000.co.id," tutup Nur Imansyah Tara.