PT Bumi Mekar Hijau siagakan regu pemadam antisipasi karhutla

id karhutla,karhutla sumsel,pt bumi mekar hijau,pt bmh,karhutla 2021,kemarau,musim kemarau,hutan tanam industri,app sinar mas

PT Bumi Mekar Hijau siagakan regu pemadam antisipasi karhutla

Personel Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT Bumi Mekar Hijau memantau kemungkinan adanya titik api dari menara pematau api. (ANTARA/HO/21)

Walau masih ada hujan, tapi berdasarkan informasi dari BMKG bahwa Sumsel masuk kemarau di bulan Mei. Jadi kami siagakan personel Regu Pemadam Kebakaran (RPK) yang dimiliki
Palembang (ANTARA) - Salah satu perusahaan hutan tanam industri di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, PT Bumi Mekar Hijau menyiagakan personel regu pemadam kebakarannya untuk mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan tahun 2021.

Koordinator Fire Preparation PT BMH Nicodemus Sihombing di Kayuagung, Jumat, mengatakan, perusahaan meningkatkan kewaspadaan karena saat ini sudah memasuki musim kemarau.

“Walau masih ada hujan, tapi berdasarkan informasi dari BMKG bahwa Sumsel masuk kemarau di bulan Mei. Jadi kami siagakan personel Regu Pemadam Kebakaran (RPK) yang dimiliki,” kata dia.

Ia mengatakan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) menjadi garda terdepan dalam memadamkan karhutla.

Baca juga: PT Bumi Mekar Hijau rangkul warga desa buka lahan tanpa bakar
Baca juga: PT Bumi Mekar Hijau pastikan jaga habitat gajah sumatera

Sejauh ini, perusahaan memiliki puluhan personel RPK yang disiagakan di setiap distrik dan 60 pos pantau.

Selain itu, personel RPK juga bersiaga di posko-posko karhutla hingga ke kawasan perbatasan dengan areal pemukiman warga.

“Mereka (personel RPK) rutin melakukan patroli darat dan air di wilayah tugas masing-masing. Mereka juga memberikan sosialisasi ke warga untuk tidak membuka lahan dengan cara bakar,” kata dia.

Upaya penyiagaan personel RPK di menara pemantau api juga ditingkatkan sebagai deteksi dini apabila terpantau asap di wilayah konsesi perusahaan.

PT BMH memilik 10 unit menara pemantau api setinggi 30 meter yang berada di setiap distrik dan 15 menara pantau mini yang didirikan berdampingan dengan pos pantau.

Di menara pemantau api ini, personel RPK memantau karhutla dan segera melaporkannya ke situation room jika ditemukan titik asap dan titik api.

Bersama mitra pemasok APP Sinar Mas lainnya di wilayah Kabupaten OKI, personel RPK PT BMH berpatroli udara gabungan menggunakan helikopter milik APP Sinar Mas. Patroli udara ini dilakukan jika Fire Danger Rating (FDR) di dua distrik berada di tingkat medium.

PT BMH juga membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) yang merupakan tim khusus yang diambil dengan menyeleksi personel RPK terbaik dari setiap distrik.

“Kesiagaan ini akan semakin kami tingkatkan pada musim kemarau. Jika FDR berada di tingkat medium kami akan menyiagakan RPK selama 24 jam” ujar Nico.
Baca juga: PT BPP dorong petani tingkatkan pendapatan melalui program DMPA
Baca juga: Kolaborasi multipihak di Sumsel jadi cara jitu tangani karhutla