Kedubes Jepang anugerahi JKT48 penghargaan Misi Diplomatik Reiwa

id Kedubes Jepang, Penghargaan Misi Diplomatik Reiwa, JKT48

Kedubes Jepang anugerahi JKT48 penghargaan Misi Diplomatik Reiwa

JKT48. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia memberikan penghargaan Misi Diplomatik Reiwa Ke-3 kepada dua individu dan dua organisasi, termasuk JKT48, karena dinilai telah berjasa dalam mempererat hubungan persahabatan kedua negara.

Menurut rilis pers Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Jumat, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji memutuskan untuk memberikan penghargaan tersebut kepada kedua individu dan organisasi karena dianggap telah berjasa dalam mempererat hubungan persahabatan kedua negara selama bertahun-tahun.

Kedua organisasi yang mendapatkan penghargaan Misi Diplomatik tersebut adalah JKT48 dan Teater ENJUKU.

Organisasi JKT48 dianugerahi penghargaan Misi Diplomatik Reiwa Ke-3 karena dinilai telah berkontribusi dalam mempromosikan pertukaran antara kedua negara.

Mereka juga dinilai telah memberi sumbangan dalam mempromosikan budaya pop Jepang di Indonesia, juga dalam mengembangkan kelompok pecinta Jepang di Indonesia.

Teater ENJUKU juga diberi penghargaan serupa karena dinilai turut berkontribusi dalam pengenalan budaya dan bahasa Jepang di Indonesia.

Selain itu, organisasi tersebut juga dinilai memiliki andil dalam mempromosikan hubungan persahabatan kedua negara melalui pertunjukan yang diselenggarakan di Jepang dari 2014 hingga 2019.

Sementara itu, dua individu yang juga menerima penghargaan Misi Diplomatik Reiwa Ke-3 adalah Kato Hiroaki dan Matsunaga Shohei.

Melalui berbagai kegiatan kemanusiaan dan proyek pertukaran budaya antara Jepang dan Indonesia, Kato Hiroaki dinilai berjasa besar dalam mempromosikan hubungan persahabatan kedua negara.

Oleh karena itu, penyanyi sekaligus penulis lagu dan juga penerjemah lisan/tulisan untuk bahasa Jepang dan bahasa Indonesia itu dianggap layak menerima penghargaan.

Demikian juga dengan Matsunaga Shohei, yang dinilai terus berkontribusi mempromosikan hubungan persahabatan kedua negara dari berbagai posisi, antara laim sebagai duta persahabatan dalam acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia Tahun 2018.