OKU bentuk gugus tugas percepatan Kabupaten Layak Anak

id Gugus tugas KLA, Kabupaten Layak Anak, OPD Pemkab OKU, Dinas Pemberdayaan Perempuan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang,

OKU bentuk gugus tugas percepatan Kabupaten Layak Anak

Logo Kabupaten/Kota layak anak. ANTARA

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membentuk gugus tugas percepatan Kabupaten Layak Anak (KLA) untuk mempercepat meraih predikat tersebut tahun ini.

Asisten II Setda Ogan Komering Ulu (OKU), Kadarisman di Baturaja, Kamis mengatakan tim gugus tugas ini melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengintegrasikan hak-hak dalam pembangunan dan melaksanakan kebijakan KLA.

Tim gugus tugas ini bertugas melengkapi beberapa indikator yang harus dipenuhi sebagai syarat untuk meraih predikat sebagai Kabupaten Layak Anak.

Dia menjelaskan, beberapa indikator yang harus dipenuhi dalam meraih predikat KLA ini antara lain yaitu adanya pelayanan ramah anak yang saat ini sudah tersedia di sejumlah instansi dan OPD di pemerintahan daerah setempat.

"Seperti di rumah sakit, sekolah dan beberapa instansi lainnya di Pemkab OKU yang saat ini sudah ada pelayanan khusus ramah anak harus dimaksimalkan dalam pelayanannya," jelasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, OPD yang termasuk dalam gugus tugas penilaian kabupaten layak anak ini agar dapat bekerjasama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing agar OKU tahun ini masuk dalam nominasi penilaian Kabupaten Layak Anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten OKU, Arman menjelaskan, Kabupaten/kota Layak Anak adalah daerah yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak.

Pembangunan berbasis hak anak ini melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana dalam kebijakan ataupun program untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

"Sejauh ini Kabupaten OKU sudah tiga tahun berturut-turut sejak 2018 mengikuti penilaian KLA dengan skor 300. Mudah-mudahan tahun ini skornya di atas 500 sehingga dapat meraih predikat KLA," harapnya.