KPU OKU tetapkan bupati terpilih hasil Pilkada 2020

id Pleno penetapan bupati terpilih, Pilkada 2020, Kuryana Azis-Johan Anuar, Bupati OKU, KPU OKU

KPU OKU tetapkan bupati terpilih hasil Pilkada 2020

Bupati terpilih Kuryana Azis menerima salinan putusan dari Komisioner KPU OKU, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menetapkan pasangan calon Kuryana Azis dan Johan Anuar sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih pemenang Pilkada 2020.

Ketua KPU Ogan Komering Ulu (OKU), Naning Wijaya di Baturaja, Jumat menjelaskan, rapat pleno penetapan calon kepala daerah terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU tahun 2020 ini berdasarkan hasil penghitungan suara Pilkada yang sudah selesai dilakukan beberapa waktu lalu.

"Saat ini bisa diselenggarakan pleno terbuka penetapan pasangan terpilih Kuryana Azis-Johan Anuar sebagai Bupati OKU periode lima tahun mendatang," katanya..

Menurut dia, penetapan ini dilakukan setelah melalui proses panjang gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan Badan Pemantau Pemilu Sumatera Selatan (BP2SS) terhadap hasil Pleno Kabupaten OKU yang menetapkan pasangan calon terpilih Kuryana Azis-Johan Anuar pada Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Pada Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) beberapa hari lalu, Hakim Mahkamah Konstitusi menolak semua dalil-dalil yang diajukan pemohon sehingga pasangan Kuryana Azis-Johan Anuar sah sebagai pemenang Pilkada 2020.

"Semua proses penentuan calon terpilih ini sudah berjalan dengan baik, aman dan lancar serta sesuai tahapan dan perundang-undangan yang berlaku," tegasnya.

Sementara Bupati terpilih, Kuryana Azis, mengharapkan seluruh masyarakat dapat mendukung visi dan misi pemerintah dalam memajukan pembangunan di Kabupaten OKU.

"Saya mengharapkan kebersamaan semua elemen masyarakat karena pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dalam membangun daerah," ujarnya.

Pasangan Kuryana Azis dan Johan Anuar menang unggul di Pilkada serentak 9 Desember 2020 melawan kotak kosong dengan perolehan sebanyak 116.133 suara.