PDAM OKU targetkan serap 6.800 pelanggan baru

id 6.800 pelanggan baru, targetkan serap ribuan pelanggan, bangun dua SPAM, PDAM OKU, 17 ribu pelanggan,PDAM OKU targetkan

PDAM OKU targetkan serap 6.800  pelanggan baru

Direktur PDAM OKU, Abi Kusno. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2022 menargetkan menyerap 6.800 sambungan pelanggan baru melalui pembangunan dua Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di wilayah itu.

Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno di Baturaja, Sabtu mengatakan, dua SPAM ini akan dibangun tahun 2022 di Kecamatan Peninjauan dan Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur.

SPAM di Kecamatan Peninjauan ini akan dibangun dengan kapasitas 20 liter perdetik yang mampu melayani 1.800 pelanggan baru.

Sementara, untuk pembangunan SPAM di Kelurahan Sekarjaya dibangun dengan kapasitas 60 liter per detik yang mampu melayani 5.000 pelanggan baru.

Terkait anggaran untuk membangun dua SPAM tersebut, Abi mengaku akan didanai melalui APBN sebesar Rp65 miliar.

Alokasi dana ini diperuntukan memperluas jaringan air bersih PDAM OKU hingga ke pelosok desa di wilayah itu.

"Dana ini awalnya akan kami terima pada 2021, namun karena pandemi COVID-19 baru direalisasikan pada 2022 mendatang," kata dia.

Dia berharap, melalui pembangan SPAM di dua kecamatan tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Kabupaten OKU.

"Untuk jumlah pelanggan PDAM OKU hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 17 ribu," ujarnya.