PDAM OKU dapat kucuran dana Rp65 miliar perluas jaringan

id Kucuran dana Rp65 miliar, bangun dua SPAM, di dua kecamatan, perluas jaringan air bersih, PDAM OKU,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, ant

PDAM OKU dapat kucuran dana Rp65 miliar  perluas jaringan

Pekerja menggali pipa air PDAM . ANTARA FOTO /Akbar Tado/hp. (ANTARA FOTO/AKBAR TADO)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada 2022 mendapat kucuran dana sebesar Rp65 miliar untuk memperluas jaringan air bersih melalui pembangunan dua Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di dua kecamatan di wilayah itu.

"Dana ini awalnya akan kami terima pada 2021, namun karena pandemi COVID-19 baru direalisasikan pada 2022," kata Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno, Jumat.

Dua SPAM ini akan dibangun di Kecamatan Peninjauan dan Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur.

Abi menjelaskan pembangunan SPAM Peninjauan dianggarkan dana sebesar Rp25 miliar guna membangun instalasi pengelolaan, instalasi intake dan pipa induk.

SPAM di Kecamatan Peninjauan ini akan dibangun dengan kapasitas 20 liter per detik yang mampu melayani 1.800 pelanggan baru.

Sementara itu, untuk pembangunan SPAM di Kelurahan Sekarjaya dialokasikan dana sebesar Rp40 miliar dengan kapasitas 60 liter perdetik yang mampu melayani 5.000 pelanggan baru.

Ia berharap melalui pembangan SPAM di dua kecamatan tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah itu.

"Terkait jumlah pelanggan PDAM OKU hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 17 ribu," ujarnya.