Pemprov Sumsel kucurkan dana Rp238,96 miliar untuk OKU

id Kucuran dana dan Pemprov Sumsel,Pemprov kucurkan dana Rp238,96 miliar, untuk pembangunan di OKU, Dinas PUTR Sumsel, Bupa

Pemprov Sumsel kucurkan dana Rp238,96 miliar  untuk OKU

Gubernur Sumsel Herman Deru meresmikan pembangunan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja belum lama ini. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan sejak dua tahun terakhir telah mengucurkan dana sebesar Rp238,96 miliar untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Dharma Budi di Baturaja, Sabtu mengatakan, selama kepemimpinan Gubernur Herman Deru,pihaknya telah menggelontorkan dan sebesar Rp238,96 miliar untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU.

"Rinciannya pada 2019 sebesar Rp133,9 miliar dan 2020 Rp105,06 miliar," ungkapnya.

Dana itu sendiri, kata dia, diperuntukan perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU mulai dari peningkatan kualitas jalan dan pembuatan internet desa hingga pembangunan gedung RSUD Ibnu Sutowo Baturaja.

Untuk 2021 ini, kata dia, jumlah dana yang akan dikucurkan Pemprov Sumsel ke Kabupaten OKU guna pembangunan dan perbaikan infrastruktur ditargetkan mencapai Rp148 miliar.

Sementara itu, Bupati OKU, Kuryana Azis mengaku sejak kepemimpinan Gubernur Sumsel, Herman Deru banyak program pembangunan di wilayahnya yang semula sempat tertunda karena terbentur anggaran, kini bisa direalisasikan.

Ia mencontohkan, pembangunan gedung RSUD Ibnu Sutowo Baturaja sebelumnya sempat tertunda karena dana pinjaman dari pihak ketiga yang diharapkan ternyata batal dikucurkan, namun kini sudah selesai dibangun dan siap difungsikan.

"Alhamdulilah setelah menghadap gubernur akhirnya kami mendapat bantuan dana sehingga pembangunannya bisa diselesaikan pada akhir tahun 2020 lalu," ungkap Kuryana.

Begitu juga untuk pembangunan Jembatan Ogan IV yang sempat mangrak selama 13 tahun akibat berbagai kendala, bisa diselesaikan setelah Pemrov Sumsel melalui Gubernur Herman Deru mengucurkan dana bantuan sebesar Rp54,8 miliar.

"Jembatan Ogan IV ini mulai dibangun pada 2007, tetapi baru bisa kita lewati sekarang," ujar Kuryana.