PDAM OKU optimalisasi distribusi air bersih pelanggan

id Optimalisasi jaringan air bersih, kuras lumpur di penampungan air, PDAM Tirta Raja OKU, akan bangun dua SPAM baru, diban

PDAM OKU optimalisasi distribusi air bersih  pelanggan

Arsip- Pemasangan jaringan PDAM air bersih di rumah tangga. (ANTARA/Sutarmi)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengoptimalisasikan distribusi air bersih pelanggan dengan melakukan pengurasan lumpur pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik perusahaan daerah tersebut.

Kabag Teknik PDAM Tirta Raja Ogan Komering Ulu (OKU), Asril di Baturaja, Kamis mengatakan, pengurasan lumpur tersebut dilakukan di IPA Bakung dan Pasar Atas Baturaja.

Pengurasan tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan distribusi air bersih ke saluran pelanggan di wilayah itu agar air lebih jernih dan lancar.

"Karena dampak lumpur yang mengendap di bak penampungan membuat air keruh. Oleh sebab itu harus dikuras agar air yang diterima pelanggan semakin jernih," kata dia.

Dia menambahkan, saat ini tercatat sebanyak 17 ribu sambungan pelanggan di wilayah itu yang menikmati jaringan distribusi air bersih PDAM setempat.

Bahkan, kata dia, ditahun 2022 PDAM Tirta Raja OKU akan membangun dua Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk memperluas jaringan air bersih bagi masyarakat di wilayah itu.

Dua SPAM baru ini, lanjut dia, akan dibangun di Kecamatan Peninjauan dan Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur.

"Dua SPAM yang akan dibangun ini dapat menyerap 6.800 sambungan baru," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar