Ari "Kulgar" bagi-bagi tips sukses menjadi kreator konten "gaming"

id content creator gaming

Ari "Kulgar" bagi-bagi tips sukses menjadi  kreator konten "gaming"

Ilustrasi game online (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Selain menjadi pemain profesional, kegemaran bermain game juga bisa tetap mendulang keuntungan, salah satunya lewat profesi content creator gaming atau kreator konten gaming.

Seorang kreator konten sekaligus influencer gaming Indonesia Ari “Kulgar” memberikan tips membuat konten gaming yang bisa menggaet banyak pengikut dalam waktu singkat.

Tips pertama agar dapat menjadi kreator konten yang sukses adalah menentukan terlebih dahulu segmen konsumen yang ingin disasar. Ari menyebut ada dua pilihan, yakni konten yang membahas semua jenis game atau yang fokus hanya pada satu game tertentu.

“Kalau kita bikin konten yang tersegmentasi, kita hanya fokus ke satu game, misalnya Free Fire. Kita bisa langsung dapat banyak pengikut. Untuk meningkatkan jumlah pengikutnya juga cenderung lebih mudah,” kata Ari dalam acara BincangShopee bertajuk "Terjun ke Dunia Gaming: Streamer atau Pro Player" yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat.

“Tapi kalau game-nya sudah menurun pamornya, penonton channel YouTube kita juga kemungkinan akan menurun.”

“Atau kedua, tidak tersegmen. Kita bikin konten, tapi game-nya bebas apa saja. Ini akan lebih aman jika salah satu game sedang menurun popularitasnya," tambah dia. 

Setelah menentukan segmen konsumen, seorang kreator konten juga perlu membangun citra yang dapat menjadi keunikannya tersendiri sehingga berbeda dengan pembuat konten serupa lainnya.

Menurut Ari, ada beberapa tipe kreator konten gaming yang populer beberapa tahun belakangan ini. Pertama adalah influencer yang juga punya kemampuan dan kapasitas bermain game seperti pemain profesional. Biasanya, jumlah penonton dan pengikut mereka akan naik jika pembuat konten juga semakin mahir dalam satu game tertentu.

Kedua, pembuat konten yang membangun citranya dengan cara bagi-bagi hadiah in-game kepada para pengikutnya.

“Misalnya ada update baru, dia langsung top up, misal Rp50 juta, secara langsung, real time, cuma buat bagi-bagi diamond,” kata Ari.

Namun, tambah Ari, yang paling sulit dari profesi kreator konten gaming adalah menyediakan konten gaming yang up to date dan tetap mengikuti tren agar bisa bersaing dengan konten serupa lainnya sehingga tak ditinggalkan oleh subscribers maupun viewers