Dinkses Sumsel siapkan 600 'refrigerator' simpan vaksin COVID-19

id vaksin covid, ruangan berpendingin disiapkan untuk menyimpan vaksin

Dinkses Sumsel siapkan 600 'refrigerator' simpan  vaksin COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuaraini (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan menyiapkan 600 unit 'refrigerator' untuk menyimpan puluhan ribu dosis vaksin COVID-19 yang akan disuntikkan kepada masyarakat secara bertahap berdasarkan skala prioritas yang rencananya dimulai pada 14 Januari 2021.

"Sekarang ini sudah ada 600 unit refrigerator dan dalam waktu dekat akan dalam waktu dekat ada penambahan 25 unit refrigerator, 500 ribu unit safety box, dan 2.784 unit carier bantuan dari Kementerian Kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuaraini di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dengan perlengkapan yang tersedia sekarang ini, tidak ada masalah untuk melakukan penyimpanan vaksin COVID-19 yang memerlukan ruangan dan tempat khusus bersuhu dingin.

Perlengkapan untuk menyimpan vaksin tersebut tersebar di 412 lokasi fasilitas kesehatan yang ditunjuk.

Melihat kesiapan fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk menyimpan dan melaksanakan pelayanan penyuntikan vaksin COVID-19, diharapkan kegiatan vaksinasi tersebut berjalan sesuai dengan rencana, katanya.

Dia menjelaskan, pada tahap pertama pelayanan penyuntikan vaksin tersebut dilakukan terhadap lebih dari 50 ribu tenaga kesehatan di Sumsel.

Sedangkan khusus di Kota Palembang terdapat sekitar 14.000 tenaga kesehatan yang akan menjadi prioritas pemberian vaksin COVID-19, ujar kadinkes.