Pemprov Sumsel perhatikan kelayakan tempat tinggal lansia

id pemprov susmel perhatikan lansia, perhatikan kelayakan tempat tinggal lansia, lansia, lansia mendapat perhatian pemrov s

Pemprov Sumsel perhatikan kelayakan  tempat tinggal lansia

Wagub Sumsel, Mawardi Yahya (kanan) bersama lansia budayawan Palembang, Anwar Bek (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan
memberi perhatian terhadap
kelayakan tempat tinggal orang tua lanjut usia (lansia) agar bisa menjalani kehidupan masa senjanya dengan nyaman dan di lingkungan yang sehat.

"Bentuk perhatian yang kami diberikan kepada para lansia seperti membantu perbaikan kamar lansia dari kalangan kurang mampu dan pengembangan lembaga lanjut usia, kata Wagub Sumsel, Mawardi Yahya di Palembang, Selasa.

Menurut dia, program perhatian kepada para lansia yang telah berjalan dengan baik selama ini akan dilanjutkan bahkan ditingkatkan kualitasnya dan kuantitasnya.

"Perhatian kepada para lansia di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu perlu terus ditingkatkan agar hidupnya layak dan tidak menimbulkan masalah sosial di sekitar tempat tinggalnya," ujar wagub.

Program perbaikan kamar lansia untuk membantu masyarakat miskin yang telah lanjut usia agar hidupnya sejahtera dan tinggal di tempat yang layak telah berjalan dengan baik sejak beberapa tahun terakhir .

Untuk meningkatkan program tersebut pada tahun-tahun berikutnya, pihaknya berupaya melakukan evaluasi kegiatan yang telah berjalan selama ini dan mendata siapa saja masyarakat yang berusia lanjut pantas mendapatkan bantuan.

Evaluasi dan pendataan dilakukan dengan menurunkan tim ke lapangan sehingga bisa dilihat secara langsung lansia yang layak dibantu.

Dengan pendataan itu, bisa dilakukan seleksi ketat siapa saja yang pantas dibantu dan mencegah terjadi kucuran dana tidak tepat sasaran, kata Mawardi.