VOD Netflix buka peluang produksi konten lokal

id Netflix,Riri Riza,Film Indonesia

VOD Netflix buka peluang produksi konten lokal

Tangkapan layar diskusi virtual bertajuk "Merayakan Keberagaman Cerita Indonesia", Jumat (14/8/2020). (ANTARA/Yogi Rachman)

Jakarta (ANTARA) - Layanan streaming video on demand (VOD) Netflix membuka peluang untuk semakin banyak memproduksi konten dengan muatan lokal.

Kooswardini Wulandari selaku Communications Manager Netflix mengatakan pihaknya selalu menerima segala masukan mengenai tayangan yang ingin dilihat masyarakat Indonesia, termasuk tayangan original bermuatan lokal.

"Kita pengen semakin banyak cerita kehidupan orang dari berbagai latar budaya dan belakang muncul di layar dan itu mudah diakses oleh banyak orang," kata Kooswardini Wulandari dalam diskusi virtual bertajuk "Merayakan Keberagaman Cerita Indonesia", Jumat.

Baca juga: Netflix gandeng Nia Dinata dan starvision garap film original

"Cerita itu bisa dari mana aja dan orang bisa belajar dari cerita itu," sambung Kooswardini Wulandari.

Wanita yang akrab disapa Dini itu mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak konten lokal yang bisa digali menjadi tayangan yang dapat disaksikan lebih luas.

Baca juga: Musikal Puteri Diana bakal tayang di Netflix

Dini juga menambahkan bahwa Netflix tidak membeda-bedakan konten dari sineas lokal ataupun mancanegara yang dapat ditayangkan melalui platform mereka.

"Netflix terbuka untuk menerima berbagai jenis cerita tapi balik lagi masalah kualitas, masalah cerita dan sudut pandang unik itu yang kami cari," ujar dia.

Baca juga: Rekomendasi tayangan nominasi Emmy Awards 2020

Sementara itu, sutradara Riri Riza yang ikut dalam diskusi virtual ini mengatakan bahwa produk audio visual memiliki dampak yang luar biasa terhadap penontonnya.

Kehadiran layanan streaming seperti Netflix, menurut Riri Riza, sangat mempermudah para sineas seperti dirinya untuk menjangkau penonton yang lebih luas.

"Saya yakin Indonesia mempunyai potensi untuk menjadi pemain penting. Kita negara besar di dunia potensi market digital viewers di sini cukup besar. Ceritanya banyak cuma bagaimana kita bisa menceritakannya," jelas Riri Riza.

Baca juga: Biaya langganan Netflix naik mulai Agustus 2020
Baca juga: Serial animasi "Jurassic World Camp Cretaceous" tayang mulai 18 September