Ketua Atletik Eropa Svein Hansen meninggal akibat stroke

id atletik eropa,svein arne hansen,atletik dunia,world athletics,sebastian coe

Ketua Atletik Eropa Svein Hansen meninggal akibat stroke

Presiden Atletik Eropa Svein Arne Hansen dalam Kejuaraan Atletik Indoor Eropa 2019 di Glasgow, Skotlandia. (Reuters/PA Images/Jane Barlow)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Atletik Eropa Svein Arne Hansen meninggal dalam usia 74 tahun setelah gagal pulih dari stroke yang dideritanya sejak Maret, kata badan olahraga itu dalam keterangan resminya.

Hansen, mantan ketua Federasi Atletik Norwegia, telah memimpin Atletik Eropa sejak 2015 dan menjadi ketua kelima lembaga tersebut. Ia dikabarkan meninggal pada Sabtu malam waktu setempat atau Minggu pagi waktu Indonesia.

"Saya sangat sedih mengetahui meninggalnya Svein Arne hari ini," kata presiden sementara Atletik Eropa Dobromir Karamarinov dalam sebuah pernyataan yang diterima Reuters.

"Dia adalah pemimpin yang hebat, visioner dalam olahraga kami dan punya kepribadian karismatik dalam jajaran keluarga atletik. Kami telah kehilangan pria hebat," katanya menambahkan.

Hansen, yang semasa hidupnya sukses menggelar kejuaraan Bislett di Norwegia, juga memainkan peran kunci dalam membangun kejuaraan olahraga Eropa, sebuah acara multi-cabor antar negara yang digalakkan Atletik Eropa.

"Hari ini saya kehilangan salah satu teman terdekat saya," kata Presiden Atletik Dunia Sebastian Coe.

"Dia berada di garda depan dalam usaha memajukan olahraga ini. Simpati kami yang terdalam kami sampaikan pada keluarganya dan keluarga Atletik Eropa yang hari ini kehilangan presiden mereka yang sangat populer dan efektif (dalam memimpin)," tutur Coe.

Selain giat mengurus Atletik Eropa, Hansen juga pernah menjadi anggota beberapa komisi atletik top, termasuk menjadi anggota kelompok kerja Liga Emas dari 1997-2009 dan menjabat presiden Federasi Atletik Norwegia dari 2003-2015.