AR Google bantu jaga jarak sosial

id Google,AR Google,perangkat AR,SODAR,jarak sosial,COVID-19,perangkat jarak,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara har

AR Google bantu jaga jarak sosial

Tampilan alat AR Google SODAR (twitter.com/expwithgoogle)

Jakarta (ANTARA) - Selain mengenakan masker dan sering mencuci tangan, prosedur protokol kesehatan lainnya adalah menjaga jarak sosial. Langkah terakhir tersebut bisa jadi yang paling sulit, namun Google telah merilis alat realitas tertambah (AR) untuk mempermudah menghitung jarak sosial.

Jika Anda memiliki perangkat Android, cukup buka browser Chrome dan buka goo.gle/sodar untuk mencoba alat baru bernama SODAR. Dikutip dari The Verge, Minggu, untuk menggunakan alat itu tidak diperlukan aplikasi, namun alat tersebut tidak akan berfungsi pada perangkat iOS atau Android yang lama.

Baca juga: Google Voice tersedia di Gmail untuk pengguna G Suite

Baca juga: Alternatif Google Play Store, Lebih 1,5 juta pengembang akan gabung ke AppGallery Huawei


Ponsel Anda akan menggunakan AR untuk memetakan ruang di sekitar Anda dengan lapisan lingkaran yang memiliki radius dua meter pada tampilan kamera Anda.

Dari uji coba The Verge diketahui bahwa SODAR dapat digunakan di perangkat Samsung Galaxy S20. Menurut The Verge, SODAR tidak selalu persis menghitung jarak 2 meter, namun lebih sedikit dari itu, sekitar 1,8 meter.

Sementara, saat Antara mencoba menjalankannya di iPhone 7 alat AR tersebut tidak kompatibel dengan perangkat. Namun, Sodar dapat berjalan di beberapa ponsel Android seri menengah, dengan terlebih dahulu memperbarui aplikasi Chrome, kemudian menginstal layanan Google Play untuk AR.

 
Tampilan alat AR Google SODAR pada perangkat Vivo V19 (kiri) dan Samsung Galaxy A31 (tengah dan kanan) (ANTARA/Arindra Meodia)


Alat AR tersebut mungkin tidak akan membuat perbedaan nyata dalam mengurangi jumlah infeksi COVID-19, namun cukup membantu untuk menjaga jarak sosial, sesuai anjuran otoritas kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar