Walau bentrok dengan Tour de France, Kopenhagen tetap selenggarakan Euro 2020

id euro 2020,tour de france,kopenhagen,piala eropa 2020,olahraga terdampak corona,dbu,telia parken

Walau bentrok dengan Tour de France, Kopenhagen tetap selenggarakan Euro 2020

Pemandangan Stadion Telia Parken di Kopenhagen, Denmark, yang bakal menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Euro 2020 yang diundur ke tahun 2021. (ANTARA/REUTERS/Matthew Childs)

Jakarta (ANTARA) - Federasi sepak bola Denmark, DBU, mengumumkan Kopenhagen tetap bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan empat pertandingan Euro 2020 yang ditunda tahun depan, kendati waktunya berbentrokan dengan babak awal Tour de France.

Hal itu diumumkan DBU dalam laman resminya pada Jumat dini hari WIB menyusul kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan dengan Balai Kota Kopenhagen, pengelola Stadion Telia Parken, Otoritas Penyelenggara Ajang Olahraga Denmark dan Operator Tour de France.

Kesepakatan itu memastikan bahwa empat pertandingan Euro 2020 yang bakal digelar di Stadion Parken tetap bisa dilangsungkan sembari panpel babak awal Tour de France dilakukan.



"Terima kasih kepada pengelola Telia Parken, Kota Kopenhagen, UEFA dan Tour de France atas solusi bersama yang dicapai untuk tetap bisa mengakomodasi Euro 2020 dan Tour de France," kata Ketua DBU Jesper Moller.

Putaran final Euro 2020 dijadwalkan berlangsung 11 Juni s.d. 11 Juli 2021, sedangkan tiga babak awal Tour de France akan dilangsungkan pada 2-4 Juli 2021.

Wali Kota Kopenhagen Frank Jensen menyambut baik kesempatan kotanya menjadi lokasi penyelenggaraan dua ajang olahraga bergengsi pada waktu yang berdekatan tahun depan.

"Kini setelah tercapai kesepakatan, kita semua bisa mengharapkan sajian olahraga fantastis di Kopenhagen tahun depan yang semoga saja sarat perayaan dan kebersamaan," kata Jensen.

Stadion Telia Parken kebagian menggelar tiga pertandingan fase penyisihan grup serta satu laga babak 16 besar Euro 2020, yang digelar di 12 kota berbeda Eropa.