Sumsel galakkan sosialisasi PHBS dan penggunaan masker

id covid-antisipasi penyebaran covid 19 di susmel, perilaku hidup bersih, antispasi wabah corona, masker, sosialisasi phbs

Sumsel galakkan  sosialisasi PHBS dan penggunaan masker

Kegiatan antisipasi penyebaran COVID-19 di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan berupaya menggalakkan kegiatan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan penggunaan masker setiap beraktivitas di luar rumah guna mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Dalam kondisi pandemi COVID 19 sekarang ini tindakan pencegahan seperti menggalakkan PHBS dan penggunaan masker perlu terus disosialisasikan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat menjaga kesehatan diri sendiri dan memutus rantai penyebaran virus corona," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, dr Lesty Nuraini di Palembang, Sabtu.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan dengan menurunkan petugas kesehatan ke kawasan permukiman penduduk untuk mengedukasi masyarakat agar tetap sehat dan mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Masyarakat yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi ini harus memperhatikan indikator PHBS seperti mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta melakukan olahraga.

Guna mencegah penyakit yang biasa muncul pada musim hujan sekarang ini dan penyebaran virus COVID 19, masyarakat diimbau selalu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum menyentuh makanan, menggunakan air bersih untuk minum dan memasak makanan, serta menggunakan masker ketika melakukan aktivitas di luar rumah/ruangan terbuka.

Dia menjelaskan, PHBS merupakan salah satu pilar utama dalam gerakan Indonesia Sehat serta bagian dari strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat dalam pembiayaan kesehatan.

PHBS adalah sebuah rekayasa sosial untuk menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan guna meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat.

Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat.

Melalui upaya tersebut diharapkan masyarakat bisa terhindar dari segala penyakit dan penyebaran COVID 19 di sejumlah kabupaten/kota Sumsel bisa dihentikan, ujar dia.