Nahdlatul Ulama Sumsel rencanakan bangun universitas

id Nu, nu sumsel bangun universitas, ketua nu sumsel, lembaga pendidikan tinggi

Nahdlatul Ulama Sumsel rencanakan bangun universitas

Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah NU Sumsel, K.H Amirudin Nahrawi.  (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Melihat kebutuhan pendidikan tinggi yang besar dan merencanakan mengembangkannya dengan membangun universitas
Palembang (ANTARA) - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Sumatera Selatan merencanakan membangun lembaga pendidikan tinggi berbentuk universitas di Kota
Palembang.

"Lembaga pendidikan yang dimiliki NU di provinsi ini paling tinggi tingkat SMA sederajat, melihat kebutuhan pendidikan tinggi yang besar dan merencanakan mengembangkannya dengan membangun universitas," kata Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah NU Sumsel, K.H Amirudin Nahrawi di Palembang, Jumat.

Untuk membangun lembaga pendidikan tinggi itu, pada tahun 2020 ini pihaknya telah membentuk tim yang ditugaskan melakukan berbagai persiapan
seperti pembangunan gedung kampus dan merekrut tenaga dosen.

Baca juga: NU Sumsel bentuk Lembaga Wakaf Pertanahan

Tim tersebut diharapkan dapat melakukan berbagai persiapan dengan cepat sehingga rencana itu bisa direalisasikan dalam satu atau dua tahun ke depan, katanya.

Dia menjelaskan, secara nasional NU memiliki pengalaman membangun lembaga pendidikan tingkat dasar hingga universitas, sehingga tidak terlalu sulit
untuk merealisasikan rencana tersebut.

Melalui lembaga pendidikan tinggi itu, diharapkan NU bisa mencetak sumberdaya manusia yang dapat mendukung pemanfaatan potensi daerah yang cukup berlimpah.

Sumsel memiliki potensi daerah yang cukup berlimpah seperti pertambangan batu bara, minyak dan gas bumi, serta pertanian.

Universitas yang akan dibangun NU Sumsel diarahkan mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah yang dimiliki provinsi ini, ujar Amirudin.