Dinas Kesehatan imbau masyarakat waspada DBD

id Dinkes OKU antisipasi DBD,Dbd, penyakit menular

Dinas Kesehatan imbau masyarakat waspada DBD

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Andi Prapto. (Antara Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit demam berdarah dengue.

"Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan yang rentan terjadi penyebaran DBD," kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Husni Thamrin melalui Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Andi Prapto di Baturaja, Minggu.

Dia mengemukakan, sepanjang tahun ini sejak Januari hingga Maret pihaknya mencatat sebanyak tiga orang warga di wilayah ini yang menderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

"Untuk tahun ini saja sudah ada tiga kasus DBD di OKU. Sedangkan, jumlah kasus pada 2019 lalu tercatat 30 orang warga menderita penyaki menular tersebut, salah satu di antaranya meninggal dunia," ungkapnya.

Ia mengimbau masyarakat waspada terhadap penyebaran DBD dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit tersebut.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat menerapkan pola "3M" yaitu Menguras dan Menutup tempat penampungan air serta Mengubur barang bekas agar telur nyamuk tidak berkembang biak.

"Biasanya saat musim hujan seperti sekarang ini nyamuk sering kali bertelur di genangan air dan tumpukan barang bekas," ujarnya.

Pihaknya juga menyiapkan bubuk Abate di seluruh Puskesmas guna mengantisipasi agar telur nyamuk tidak berkembang biak di penampungan air warga.

"Bubuk Abate memang tidak kami bagikan langsung kepada masyarakat. Namun, warga bisa meminta ke Puskesmas terdekat melalui koordinasi dengan pihak kelurahan atau desa," ujar dia.