Mentan - Mendag pastikan harga pangan stabil

id menteri perdagangan,menteri pertanian,pasar senen,harga pangan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari in

Mentan - Mendag pastikan harga pangan stabil

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menyambangi Pasar Senen, Jakarta Pusat, untuk mengecek harga dan persediaan pangan, Jakarta, Senin (3/2/2020). (ANTARA/ Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan harga dan persediaan pangan pada awal tahun 2020 masih stabil.

"Kami melihat kestabilan harga dan pasokan, dan memastikan harga-harganya di sini cukup stabil, walaupun ada kenaikan sedikit," ujar Mendag Agus Suparmanto saat kunjungan kerja ke Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin.

Dalam kesempatan itu, Mendag dan Mentan juga meninjau langsung ke area dalam pasar untuk mengecek harga dan pasokan pangan seperti daging ayam, beras, hingga bawang putih.

"Kita lihat bersama, ini kesepakatan kami antar Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian, selalu bersama-sama dalam situasi apa saja dalam mengurus kepentingan negara sesuai petunjuk Bapak Presiden," ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Ia menambahkan pengecekan harga dan persediaan pangan itu juga seiring dengan kabar yang beredar di masyarakat mengenai lonjakan harga cabai yang menembus hingga Rp90.000 per kilogram dalam beberapa hari terakhir.

"Kalau cabai agak naik karena kemarau yang panjang kemarin dan banjir sehingga Jawa terjadi delay penanaman. Tetapi di Kalimantan dan Sulawesi panen, karena itu suplainya kita dekatkan ke sini, kami laporkan ke Kementerian perdagangan," kata Mentan.

Ia menambahkan pihaknya juga bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk mempercepat pasokan cabai ke wilayah Jawa melalui transportasi udara.

"Transportasi laut kita tingkatkan menjadi transportasi udara, dan kami sudah sepakat untuk membicarakan dengan Kementerian Perhubungan dan lain-lain yang bisa untuk bisa memfasilitasi. Siasat seperti ini yang dibutuhkan atau manajemen yang dibutuhkan," ujar Mentan.

Dalam kegiatan itu, Mendag dan Mentan juga berkesempatan mengunjungi mobil operasi pasar yang menjual cabai rawit merah dari pihak Kementerian Pertanian dengan harga Rp40.000 per kilogram.

Terpantau, sejumlah harga pangan di Pasar Senen, seperti harga daging sapi lokal berada di kisaran Rp110.000-Rp120.000 per kilogram, daging ayam mulai dari Rp37.000 hingga Rp45.000 per kilogram.

Selain itu, harga beras premium Rp12.000 per kilogram, telur ayam ras Rp21.000 per kilogram, dan bawang putih berkisar Rp45.000-Rp50.000 per kilogram.