Gubernur Sumsel bantu lansia Lahat operasi katarak

id gubernur, katarak,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Gubernur Sumsel bantu lansia Lahat  operasi  katarak

Gubernur Sumsel Herman Deru menemui warga. (ANTARA/Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membantu masyarakat lanjut usia di Kabupaten Lahat untuk menjalani operasi katarak secara gratis.

Gubernur Herman Deru di Palembang, Jumat, mengaku saat meninjau banjir di Lahat beberapa waktu lalu, melihat seorang ibu bernama Sayan (70) tidak bisa melihat sehingga merasa terharu.

Saat meninjau lokasi banjir dan pengecekan posko penanganan bencana di Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkal, Kabupaten Lahat,dirinya tidak bisa membendung rasa haru melihat Sayan yang hadir di antara warga lainnya.

"Mereka hadir saat pertemuan lalu dan lansia tersebut ternyata tidak bisa melihat akibat terkena katarak," ujar dia.

Oleh karena Sayan diam saja karena katarak yang dideritanya, ia kemudian secara spontan mendekatinya.

Dia ingin memastikan bahwa nenek benar-benar tidak dapat melihat orang di sekitarnya akibat katarak sejak beberapa tahun terakhir ini.

"Saya melihat beliau tidak respons karena matanya katarak sehingga perlu diobati," katanya.

Ia kemudian meminta camat setempat membawa nenek itu ke Kota Palembang supaya segera diambil tindakan berupa operasi katarak.

"Saya instruksikan ke camat untuk segera membawa ke Palembang dan kita ambil tindakan operasi katarak sehingga mata ibu ini diobati agar bisa melihat kembali," ujar dia.

Sayan mengaku terharu karena katarak yang dideritanya akan ditangani melalui program Pemprov Sumsel oleh gubernur setempat.

"Terima kasih aku karena akan diobati gubernur. Jadi tidak bisa ngomong lagi karena senang. Selama ini memang keluarga tidak ada biaya, syukurlah ini dibiayai langsung gubernur," ujar dia.