143 peserta calon Panwascam OKU jalani ujian menggunakan sistem CAT

id Bawaslu OKU gelar tahap seleksi Panwascam

143 peserta calon Panwascam  OKU jalani ujian menggunakan sistem CAT

Peserta calon Panwascam OKU mengikuti tahap seleksi menggunakan sistem CAT. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 143 peserta calon Panwascam Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menjalani tahap seleksi ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang digelar Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat di SMK Negeri 3 Baturaja, Jumat.



"Ujian seleksi ini guna mencari calon personel Panwascam yang berintegritas dan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik pada Pilkada serentak tahun 2020 mendatang di Kabupaten OKU," kata Ketua Bawaslu Ogan Komering Ulu, Dewantara Jaya di Baturaja.



Dia mengemukakan, pada tahap ujian seleksi tahun ini menggunakan sistem CAT berbeda dibandingkan saat proses perekrutan calon Panwascam sebelumnya yang masih dilakukan secara manual.



"Setelah peserta menyelesaikan soal ujian tertulis, hasilnya langsung bisa diketahui sama halnya seperti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)," katanya.



Menurut dia, pelaksanaan seleksi berbasis online atau CAT ini pertama kali diluncurkan oleh Bawaslu RI dalam perekrutan pengawas ad hoc tingkat kecamatan dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi menggunakan alat bantu perangkat komputer.



"Tahap seleksi ini dimulai hari ini hingga 16 Desember 2019 sejak pukul 08.00 WIB sampai selesai. Setelah ujian tertulis dilanjutkan tahap tes wawancara sesuai jadwal yang telah ditentukan," katanya.



Dia menjelaskan, 143 peserta yang mengikuti tahap seleksi ini sebelumnya dinyatakan lulus administrasi dari 149 orang pendaftar yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwascam OKU.



"Dari 149 pendaftar Panwascam yang mendaftarkan diri, 143 orang diantaranya lulus tahap administrasi. Sedangkan, enam orang lainnya dinyatakan tidak lulus karena tidak memenuhi persyaratan," jelasnya.



143 orang pendaftar yang lulus seleksi administrasi tersebut, lanjut dia, terdiri atas laki-laki sebanyak 123 orang dan perempuan sebanyak 20 orang pendaftar.



"Peserta yang lulus inilah yang sekarang sedang melaksanakan tahap seleksi menggunakan sistem CAT tersebut," ujarnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar