BJ Habibie pelopor teknologi kedirgantaraan Indonesia

id bj habibie,wafat,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera

BJ Habibie pelopor teknologi kedirgantaraan Indonesia

BJ Habibie. ANTARA

Manado (ANTARA) - Pengamat dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Dr Joy Tulung mengatakan BJ Habibie merupakan seorang pelopor teknologi kedirgantaraan di Indonesia.

"Karena kejeniusannya beliau dipanggil pulang Presiden Soeharto dari Jerman ke Indonesia untuk dipercaya mengembangkan kedirgantaraan di Indonesia," kata Joy di Manado, Kamis.

Joy menambahkan hasilnya antara lain beliau berhasil membuat pesawat terbang pertama buatan Indonesia CN-235 dan N-250. Oleh karena itu Presiden Habibie memiliki peran penting dalam perindustrian pesawat.

Baca juga: Ahok: Masyarakat Indonesia tidak akan lupa karya Habibie

Sosok pelopor berdirinya PT Dirgantara Indonesia (DI) yang semula bernama PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio dan didirikan pada 1976 di Bandung, Jawa Barat.

Dengan totalitas dan profesionalismenya, BJ Habibie memimpin langsung proyek pembuatan pesawat pertama Indonesia yang ia beri nama N-250 Gatotkaca. Pesawat hasil karya anak bangsa tersebut pertama kali mengudara pada 10 Agustus 1995.

Baca juga: Obituari - Habibie dalam ingatan orang Gorontalo

Itulah momentum yang menjadi awal perkembangan industri kedirgantaraan di Indonesia sebagaimana mimpi BJ Habibie.

Saat itu N-250 Gatotkaca telah mulus terbang hingga 900 jam dan selangkah lagi bisa masuk sertifikasi untuk Federal Aviation Administration.

Juga, katanya di tangan Presiden BJ Habibie, nilai tukar dolar AS berhasil ditekan dari belasan ribu hingga mencapai level Rp6.500.

Baca juga: Kemristekdikti sebut Habibie jadi teladan bagi anak bangsa Indonesia
Baca juga: BJ Habibie berbagi kisah cinta di Beijing