Bupati OKI ajak anggota Pramuka siaga bencana

id kahutla,pramuka,bencana,hari pramuka,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan a

Bupati OKI Iskandar berfoto bersama anggota Pramuka pada peringatan HUT Pramuka tingkat Kabupaten OKI di Lapangan Kantor Bupati OKI, Kayuagung, Rabu (14/8/2019). (Humas Pemkab OKI)

Kayuagung (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Iskandar yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka setempat mengajak anggota Pramuka untuk siaga bencana kebakaran hutan dan lahan karena saat ini memasuki puncak kemarau.

Iskandar di Kayuagung, Rabu, mengatakan Kabupaten OKI merupakan salah satu kabupaten yang rawan mengalami karhutla di Sumatera Selatan membutuhkan kepedulian dari masyarakat untuk mengatasinya.

“Pramuka yang beranggotakan remaja millenial diharapkan menjadi agen perubahan, yang menyosialisasikan ke masyarakat bahwa tidak boleh membuka lahan dengan cara bakar,” kata Iskandar pada peringatan HUT Pramuka tingkat Kabupaten OKI di Lapangan Kantor Bupati OKI, Kayuagung, Rabu.

Baca juga: OKI pasok cadangan beras nasional berkat pertanian modern

Ia mengatakan kontribusi dari anggota Pramuka dalam penyelamatan lingkungan sangat dinantikan karena kasus kebakaran hutan dan lahan ini sudah terjadi selama puluhan tahun di Ogan Komering Ilir.

Bahkan saat kejadian bencana kabut asap yang cukup hebat pada 2015, OKI menjadi kabupaten dengan luas areal terbakar terluas di Sumsel.

Baca juga: Jalan Tol Trans Sumatera diharapkan tersambung ke sentra ekonomi OKI

Seperti diketahui ketika itu Sumatera Selatan menjadi sorotan karena 736.563 hektare lahan dan hutannya terbakar, yang mana sekitar 500.000 hektare di antaranya berada di Kabupaten OKI.

Tahun 2016 luas area yang terbakar di OKI turun drastis menjadi 213 hektare, susut lagi menjadi 179 hektare tahun 2017, namun meluas sampai menjadi 864 hektare tahun 2018.

“Pramuka harus tangguh, karena di Pramuka sendiri ada program Pramuka peduli tani, ada Pramuka peduli sosial, dan ada juga Pramuka peduli bencana. Saya berharap, para anggota Pramuka bisa memberikan teladan ke masyarakat dalam kegiatan siaga bencana,” kata dia.
Baca juga: Sumsel proyeksi lahan bekas terbakar di OKI jadi lokasi PLTS
Baca juga: Kementerian PUPR setuju pintu tol di OKI, Sumsel ditambah
Baca juga: Wakil Wali Kota: Pramuka harus peduli pelestarian lingkungan
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar