Sutradara butuh enam tahun riset buat "Koboy Kampus"

id The panasdalam bank, pidi baiq, koboy kampus, jason ranti, bisma karisma, jkt48

Sutradara butuh enam tahun riset buat "Koboy Kampus"

Konferensi pers "Koboy Kampus" di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (18/7). (ANTARA News/DEVI NINDY)

Jakarta (ANTARA) - Sutradara film Koboy Kampus, Tubagus Deddy, mengaku butuh enam tahun untuk melakukan riset terhadap grup musik The Panasdalam Bank sebelum menuangkan cerita mereka ke layar lebar.

"Di balik (riset) itu, ada cerita dan ide bikin negara dan sebagainya. Terciptalah lagu-lagu tentang Unpad, tentang ITB. Dan dari situ, banyak sketsa-sketsa yang menarik," ujar Tubagus Deddy di Jakarta, Kamis.

Riset enam tahun itu mempertemukan Tubagus dengan penulis buku sekaligus vokalis The Panasdalam Bank, Pidi Baiq, setelah sempat membuat film dokumenter pada 2013. Pertemuan mereka mencetuskan ide untuk mengangkat cerita grup musik itu ke dalam film.

Tubagus kemudian menantang Pidi untuk mewujudkan skenario runut perjalanan The Panasdalam Bank dan hasil tukar pikiran mereka mewujudkan sejumlah cerita dan lagu.



"Nggak usah dibikin pusing, bikin aja lagu, cerita, kejadian. Akhirnya, saya coba bikin skenario. Saya konsultasikan dengan ayah Pidi. Dan, terjadilah lagu-lagu dan sketsa, proses negara, ada cerita asmara dan sebagainya," ujar Tubagus.

Proses menggali informasi tentang seluk beluk "The Panasdalam Bank" selama enam tahun serta penyusunan skenario dan lagu oleh Tubagus dan Pidi kemudian disambut baik oleh rumah produksi film "69 Production."

Tubagus juga menyebut riset pembuatan film itu juga melibatkan proses rekaman lagu-lagu yang menjadi lagu latar film Koboy Kampus yang di aransemen ulang.

Sementara, musikus Jason Ranti sebagai pemeran Pidi Baiq pada masa muda mengaku santai saat menjalani syuting film pertamanya.



"Ngikut aja apa kata orang. Ya, Kang Pidi nggak keberatan. Ya udah, saya juga nggak berat," ujar Jason Ranti.

Sebelum menjalani syuting, pemusik yang akrab dipanggil Jeje itu mengaku mendalami peran Pidi Baiq dari berkumpul di tempat berkumpul para personel The Panasdalam Bank. Hasil perkumpulan itu menjadi bekal bagi Jeje sehingga tidak terlalu memikirkan bagaimana menjalani karakter Pidi Baiq dalam film itu.

"Syutingnya sebulan. Tapi, seminggu sebelumnya nginap di Panasdalam. Nongkrong bareng, dikasih dua tiga mingguan," ujar Jeje.

"Koboy Kampus" juga dibintangi oleh Ricky Harun, David John Schaap, Bisma Karisma, Vienny JKT48, Ria Irawan, Chica koeswoyo, Danilla Riyadi, Steffi Zamora, Miqdad Addausy, Christina Colondam, dan Anfa Safitri.

Film "Koboy Kampus" akan diputar serentak di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai 25 Juli 2019. Sebelum itu, pemutaran secara spesial akan berlangsung di Bandung pada 22 Juli, di Jakarta pada 23 Juli, dan Yogyakarta pada 24 Juli untuk kalangan tertentu.