Siswa SD-SMP luar biasa ujian bersama

id ujian slb,un sd-smp,ujian nasional,unbk,uas

Siswa SD-SMP luar biasa ujian bersama

Satu siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) luar biasa ujian bersama di Sekolah Luar Biasa Palembang (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Ang/19)

Palembang (ANTARA) - Satu siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dua siswa Sekolah Dasar (SD) luar biasa ujian bersama di Sekolah Luar Biasa Palembang di Jalan Sosial KM 5 Kota Palembang, Senin.

"Siswa SMP statusnya UNB Kertas, sedangkan siswa SD USBN," kata Kepala Sekolah Luar Biasa Palembang Suwandi saat memantau jalannya ujian.

Feri Kurniawan, siswa SMP yang buta total, mengerjakan soal-soal ujian dalam huruf braile yang dikirm langsung dari Jakarta.

Sementara dua siswa SD bernama Dela Rahmawati dan Andini Putri Melati, yang mengalami gangguan penglihatan, mengerjakan soal-soal yang dibacakan oleh pengawas pada kertas yang disediakan penyelenggara ujian.

"Sebelum ujian mereka telah dibekali latihan-latihan soal, kami yakin siswa dapat menjawab soal-soal ujian itu," kata Suwandi.

Murid-murid SD dan SMP mengikuti ujian nasional selama 22 - 26 April 2019. Ruang ujian SMP dan SD dipisahkan dan masing-masing diawasi oleh dua pengawas. Kadang pengawas harus beberapa kali mengulang membacakan soal bagi peserta ujian dari sekolah luar biasa.

"Nanti kalau siswa yang SMP lulus, dia boleh memilih pindah ke sekolah inklusi SMAN 14 Palembang atau melanjutkan di sini, jika tetap Sekolah Luar Biasa kami jamin bebas biaya registrasi," demikian Suwandi.