Menteri perdagangan: Defisit kuartal I tunjukkan geliat industri

id mendag,enggartiasto lukita

Menteri perdagangan: Defisit kuartal I tunjukkan geliat industri

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita . (ANTARA/Aditya AR).

Tangerang (ANTARA) - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan,   tidak mengkhawatirkan defisit neraca perdagangan pada kuartal I 2019 sebesar 193,4 juta dolar AS mengingat impor didominasi oleh bahan baku industri, yang artinya industri dalam negeri tengah menggeliat.

"Defisit yang pada kuartal pertama ini, yang sekali lagi kami tidak terlalu khawatir karena impornya lebih banyak bahan baku, yang menunjukkan bahwa pertumbuhan industri ini meningkat," kata Mendag Enggartiasto saat menghadiri Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang, Selasa.

Dengan situasi tersebut, lanjut Mendag, pertumbuhan industri meningkat baik dari sisi volume, kapasitas, maupun investasi baru, terutama industri yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus.

Dengan demikian, menurut Enggartiasto,  defisit neraca perdagangan akan terjadi sesaat, namun akan meningkatkan ekspor di kemudian hari. "Karena yang didorong, selain infrastruktur juga banyak industri yang berorientasi ekspor," ungkap Mendag.

Karena itu, industri akan menghasilkan barang yang mampu mensubtitusi barang impor, sekaligus berorientasi ekspor, yang pada akhirnya akan berkontribusi terhadap penurunan defisit neraca perdagangan.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar