Cegah DBD dinkes bantu 1000 liter insektisida

id insektisida,dbd,Demam Berdarah Dengue,Lesty Nuraini

Cegah DBD dinkes bantu 1000 liter insektisida

Arsip- Bak air yang kotor yang bisa menjadi tempat jentik nyamuk . (Antara/Fajrie R)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan memberikan bantuan insektisida sebanyak 1.000 liter dalam upaya mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

"Cairan insektisida pembasmi jentik nyamuk dan serangga itu diberikan kepada daerah yang rawan terserang Demam Berdarah Dengue (DBD)," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nuraini di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan selain memberikan cairan membasmi seranggah atau jentik nyamuk tersebut pihaknya juga memberikan mesin foging untuk menyemprot nyamuk. Apalagi sekarang ini sudah berjangkit penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti tersebut, sehingga perlu diantisipasi.

Bukan itu saja, kata Lesty, yang diberikan tetapi pihaknya juga telah mengirimkan surat edaran cegah dini DBD kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sumsel.

Surat edaran yang diberikan kepada kabupaten dan kota tersebut dimaksudkan supaya pemerintah setempat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya demam berdarah.

"Pengiriman surat edaran untuk mencegah secara dini tersebut sebenarnya sudah lama dilakukan atau pada November 2018," ujar dia.

Menurut dia, cegah dini penting mengingat bila terjangkit penyakit DBD tersebut maka sulit untuk disembuhkan bahkan bisa saja meninggal. Oleh karena itu mulai dari sekarang selalu berhati - hati akan bahaya penyakit tersebut.

Dinkes Sumatera Selatan juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk selalu membersihkan bak air minimal seminggu sekali.

Selain itu juga mengubur barang - barang bekas termasuk tidak menggantung pakaian di dalam kamar.

Namun, lanjut dia, dalam jangka panjang perlu memelihara Tempalo karena ikan tersebut memakan jentik - jentik nyamuk.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar