Kelompok tani OKU dibantu racun tikus Insektisida

id kelompok tani,racun tikus,hama tikus,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palemban

Kelompok tani OKU dibantu racun tikus Insektisida

Dokumentasi- Beberapa petani membasmi hama. (ANTARA)

Baturaja, Sumsel  (ANTARA News Sumsel) - Kelompok Tani Tunas Inti Desa Batumarta I, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu(OKU), Sumatera Selatan(Sumsel) dibantu racun tikus dan insektisida oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat guna membasmi hama yang menyerang tanaman padi di wilayah itu.

"Racun tikus dan insektisida ini untuk membasmi hama tikus dan ular agar tidak menyerang tanaman padi petani seperti sebelumnya," kata Ketua Kelompok Tani Tunas Inti Desa Batumarta I, Ogan Komering Ulu (OKU), Aman, di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, beberapa pekan lalu sebagian besar tanaman padi sawah di Desa Batumarta I diserang hewan tikus dan ular sehingga dibutuhkan racun untuk membasmi hama tersebut.

"Kami mendapatkan bantuan setelah melaporkan serangan hama ke pihak Penyuluhan Pertanian Baturaja Timur dan Lubuk Raja," katanya.

Dia menjelaskan, bantuan yang diterima kelompok tani Tunas Inti tersebut berupa 10 bungkus racun tikus dan 12 botol insektisida untuk mengatasi hama tikus dan ular agar tidak menyerang tanaman lagi.

"Racun tikus dan insektisida ini akan dibagikan kepada anggota kelompok tani Tunas Inti untuk mengatasi hama yang menyerang padi milik mereka," kata Aman.

Menurut dia, bantuan yang diberikan pemerintah tersebut sangat membantu petani dalam membasmi hama karena dapat dilakukan lebih mudah dan cepat karena tidak lagi menggunakan cara tradisional seperti sebelumnya.

Selain itu, biaya untuk membeli racun pembasmi hama juga sangat terbatas sehingga petani sangat terbantu sekali.

Sementara Ketua Koordinator Penyuluhan Pertanian Baturaja Timur dan Lubuk Raja, Suratno, secara terpisah menambahkan, bantuan tersebut diberikan Pemkab OKU setelah pihaknya mendapat laporan adanya serangan hama tikus dan ular yang menyerang tanaman padi di wilayah setempat.

"Mudah-mudahan racun tikus dan insektisida ini dapat membantu petani membasmi hama agar tanaman padi yang ditanam tidak rusak sehingga hasil panennya nanti berlimpah," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar