70 rumah di Desa Thang OKU difasilitasi MCK

id MCK,ec,pembuatan wc,Desa Tihang, Kabupaten Ogan Komering Ulu,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembat

70 rumah di Desa Thang OKU difasilitasi MCK

Dokumentasi- Pembuatan WC. (ANTARA)

Baturaja, Sumsel 19/2 (ANTARA News) - Sebanyak 70 unit rumah warga Desa Tihang, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, segera difasilitasi sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) guna membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

"Target kami tahun ini seluruh rumah warga sudah memiliki MCK," kata Kepala Desa Tihang, Kecamatan Lengkiti, Ogan Komering Ulu, Heryudi di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, sebanyak 70 unit rumah di desa itu segera dibangun MCK secara gratis yang biayanya menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) setempat tahun anggaran 2019.

"Tahun lalu sebanyak 45 unit MCK juga sudah dibangun di rumah warga desa kami, dan pada 2019 ini ditaretkan akan membangun 70 lagi. Pembangunan dilakukan secara swadaya masyarakat," jelasnya.

Menurut dia, pembangunan tersebut sebagai upaya membantu program pemerintah agar masyarakat dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan memanfaatkan fasilitas yang dibangun itu untuk keperluan mandi, mencuci maupun buang air besar (BAB).

"Kalau seluruh rumah warga sudah memiliki MCK, Desa Tihang ini dapat menjadi desa sehat," kata dia.

Dengan adanya MCK tersebut, seluruh warga diharapkan tidak lagi melakukan aktifitas mulai dari mandi hingga BAB di Sungai Ogan agar aliran sungai tidak tercemar lingkungan.

"Apalagi membuang hajat di sungai dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan berbagai penyakit," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pada tahun ini pihaknya juga berencana membangun Gedung Taman Pengajian Al Quran (TPA) yang akan dibangun di Dusun III desa setempat.

"Semoga pembangunan tempat belajar mengaji ini dapat membuat warga desa kami semakin menjaga ahlak dan budi pekerti umat beragama," harapnya.