Balai POM temukan makanan berbahaya di mal

id bpom,beritas sumsel,berita palembanga,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini,makanan kadaluarsa

Balai POM temukan makanan berbahaya di mal

balai POM cek pasar swalayan (Antara/Ujang)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Balai POM masih menemukan salah satu makanan berbahaya yang bercampur formalin di pasar swalayan atau mal Palembang, Senin.

Penemuan makanan bercampur bahan berbahya itu saat tim POM bersama Pemerintah Provinsi Sumsel melakukan pengecekan.

Kepala Balai POM Hardiningsih di Palembang, Senin mengatakan, produk yang ditemukan bercampur formalin itu makanan olahan berupa tahu.

Tahu tersebut memang jumlahnya sedikit dan itu siap untuk digoreng yang akan dijual pada konsumen, ujar dia.

Dia mengatakan, selain itu pihaknya juga menemukan makanan dan minuman yang masa izin edarnya sudah habis dan belum diperbaharui.

Bukan itu saja, tetapi juga makanan dan minuman yang kemasannya sudah rusak sehingga itu akan dikembalikan kepada produsen, ujar dia.

Menurut dia, pengawasan makanan dan minuman menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 ini penting karena umumnya penjual akan menjual dagangangnya lebih banyak.

Jadi perlu dilakukan pengawasan secara ketat sehingga produk yang dijual nantinya tidak berbahaya bagi masyarakat, tuturnya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdangan Sumsel Yustianus mengatakan, pengecekan makanan dan minuman itu rutin dilaksanakan pihaknya.

Namun, lanjut dia, menjelang Natal dan Tahun Baru pengawasan lebih dimaksimalkan lagi karena umumnya jualan banyak yang "cuci gudang".