BPBD Sumsel ingatkan warga waspadai bencana longsor

id Badan Penanggulangan Bencana Daerah,ancaman bencana longsor,bencana alam,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Ansori

BPBD Sumsel ingatkan warga waspadai bencana longsor

Dokumentasi- Warga Swadaya Lakukan Pencarian Korban Longsor. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan mengingatkan warga untuk mewaspadai ancaman bencana longsor saat musim hujan terutama di kawasan dataran tinggi yakni wilayah sebelah barat.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan Ansori di Palembang, Senin, mengatakan, terdapat empat kabupaten yang diminta waspada yakni Empatlawang, Ogan Komering Ulu Selatan, Lahat dan Muaraenim.

"Bukan hanya berpotensi terkena tanah longsor tapi juga banjir bandang,"kata dia.

Sejauh ini, BPBD sudah berkoordinasi dengan unit setempat untuk menyiagakan alat berat selama musim penghujan ini. Selain itu, personel di empat kabupaten juga diminta bersiaga meski sementara ini pemerintah belum menetapkan status siaga bencana.

"Kewapadaan harus terus ditingkatkan karena musim penghujan diperkirakan hingga Maret mendatang," ujar dia.

Tak hanya daerah dataran tinggi, BPBD juga mengingatkan warga yang tinggal di daratan rendah seperti di Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan Kota Palembang karena rawan mengalami banjir dan angin puting beliung.

"Pada akhir Oktober lalu terjadi angin puting beliung di kawasan Jakabaring Sport City, untuk itu warga sekitar diminta waspada,"ujar dia.

BMKG merilis kejadian ini disebabkan oleh terbentuknya awan cumulonimbus atau awan hitam pekat karena pengaruh karakteristik permukaan topografi wilayah Jakabaring yang relatif rata dan sebagian besar merupakan lahan gambut.