Pemkab Muba siapkan program khusus swasembada pangan

id Beni Hernedi, muba,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,swasembada pangan,lumbung pangan

Pemkab Muba siapkan program khusus swasembada pangan

Beni Hernedi (ANTARA News Sumsel/ist/I016/18)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya menyiapkan program khusus untuk meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai guna mewujudkan swasembada pangan.

"Untuk mewujudkan program khusus tersebut kami melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Kementerian Pertanian," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi, di Sekayu, Kamis.

Dia menjelaskan, program khusus untuk mewujudkan swasembada pangan dilakukan guna menghadapi tantangan dalam meningkatkan produksi pangan.

Menurut dia, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan produksi tanaman pangan padi, jagung dan kedelai seperti sulitnya mendapatkan benih unggul bermutu.

Kemudian tidak seimbangnya biaya produksi dan harga jual, kemampuan penyediaan sarana produksi oleh petani seperti pupuk dan obat-obatan yang masih rendah.

Penggunaan teknologi oleh petani masih belum optimal serta tingginya konversi atau alih fungsi lahan tanaman pangan ke peruntukan lainnya, dan yang paling utama adalah tidak seimbangnya biaya produksi dan harga jual, ujarnya.

Selain menghadapi berbagai tantangan itu, kata dia, perlu juga dibangun kerja sama antara petani atau masyarakat dengan aparat pemerintah baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa.

"Saya yakin dan percaya dengan adanya kerja sama antara pemerintah daerah, petani dengan Kementerian Pertanian hingga jajaran terbawah dalam pembinaan dan pendampingan, swasembada padi, jagung dan kedelai akan tercapai," ujar Wabup.