Beni Hernedi: Pemkab Musi Banyuasin maksimalkan balai benih ikan

id Beni Hernedi,benih ikan,balai benih ikan,produksi ikan nuba,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembata

Beni Hernedi: Pemkab Musi Banyuasin maksimalkan balai benih ikan

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi. (Dok.Humas Muba)

Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya memanfaatkan balai benih ikan yang terdapat di daerah ini secara maksimal untuk meningkatkan produksi ikan.

Selain memanfaatkan balai benih secara maksimal, untuk mendukung kegiatan budidaya ikan, pihaknya mendorong pengembangan unit pembenihan rakyat, serta pembuatan pakan alternatif, kata Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi di Sekayu, Senin (25/3).

Produksi ikan perlu ditingkatkan karena hingga kini pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah dan sering juga terjadi kelangkaan.

Tidak stabilnya pasokan ikan di pasaran dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan masyarakat secara maksimal.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya mendorong masyarakat setempat untuk melakukan pengelolaan potensi perikanan di daerah ini yang cukup besar tanpa mengandalkan kondisi alam sehingga produksinya bisa stabil dan tersedia sepanjang tahun, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mengelola potensi perikanan di kabupaten ini, pihaknya mendorong masyarakat melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan produksi ikan seperti melakukan budidaya baik melalui keramba di sungai maupun membuat kolam/tambak ikan memanfaatkan lahan di perkarangan rumah dan kebun.

Peningkatan produksi melalui budidaya akan terus didorong karena produksi ikan di Bumi Serasan Sekate ini sebagian besar masih tergantung dari alam sehingga pasokannya di pasaran tidak bisa dipastikan jumlahnya.

Untuk mengelola potensi perikanan agar tidak tergantung dengan alam, masyarakat didorong melakukan kegiatan budidaya dan bagi yang telah melakukan kegiatan tersebut akan didorong mengembangkannya ke wilayah budidaya baru.

Kabupaten ini memiliki beragam ikan yang dapat dikembangbiakkan, baik ikan sungai atau ikan air tawar maupun ikan air payau.

Semua jenis ikan yang ada di kabupaten ini dapat dikembangbiakkan, seperti ikan nila, patin, baung, lais, gurame, betutu, ikan tembakang, dan juga terdapat beberapa jenis udang yang memiliki nilai jual yang tinggi, ujar Beni.