Pompanisasi dapat kurangi genangan air hingga 245 hektar

id pompanisasi,genangan air,sungai bendung,Balai Wilayah Sungai VIII,pemkot palembang

Pompanisasi dapat kurangi genangan air hingga 245 hektar

Arsip - Sungai bendung (ANTARA/Erwin M)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kepala Balai Wilayah Sungai VIII, Suparji mengatakan pompanisasi sungai bendung jika beroperasional dapat mengurangi genangan air hingga 245 hektar atau menyisakan 40 hektar dengan ketinggian 30 cm.

"Dengan luas 285 hektar itu akan tersisa 40 hektar genangan air dengan ketinggian 30 cm, itupun waktu menyerap air dengan cepat," ujarnya usai melakukan rapat bersama Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Senin. 

Saat ini progres perkembangan pompanisasi baru mencapai 67 persen. Untuk fisik hanya tersisa 9 persen lagi, justru yang menjadi permasalahan pemasangan pompanisasi yang terhalang empat persil yang belum dibebaskan. 

"Sebenarnya masih ada 17 persil juga belum dibebaskan bagian kiri. Namun yang paling menganggu empat persil lantaran berkaitan pada pemasangan pompanisasi," jelasnya.

Permasalahannya, diakui Suparji, pemilik lahan meminta ganti rugi yang terlalu besar. Sedangkan pihaknya mengacu pada ketetapan kantor jasa pelayanan publik yang sifatnya indenpenden memiliki indikator dalam menetapkan harga. 

"Tidak serta merta menetapkan harga sendiri. Makanya tidak bisa menuruti harga yang ditetapkan pemilik lahan," katanya.

Karena itulah pihaknya meminta bantuan kepada pemerintah kota Palembang untuk mengatasi hal ini. 

Sementara itu Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan pihaknya akan mengatasi permasalahan ini untuk mempercepat pembangunan pompanisasi sungai bendung dalam mengatasi genangan air.

"Insyaallah pompanisasi selesai dengan tepat waktu," katanya.