Mahasiswa bidikmisi harus punya prestasi tinggi

id Universitas IBA,IBA,Bidikmisi

Mahasiswa bidikmisi harus punya prestasi tinggi

Beasiswa Bidik Misi (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Palembang ( ANTARA News Sumsel ) - Universitas IBA Palembang memberikan kesempatan kepada lima mahasiswa baru dalam program bidikmisi.

"Kami memberikan program bidikmisi kepada lima mahasiswa yang merupakan mahasiswa pilihan dengan prestasi yang baik," kata Rektor Universitas IBA, Karlina Agustina, Senin.

Ia mengatakan program bidikmisi inj merupakan program pemerintah pusat berupa beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tatapi secara ekonomi kurang beruntung sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.

"Walaupun demikian, syarat prestasi program bidikmisi ditunjukan bagi mahasiswa yang sewaktu sekolah merupakan siswa berprestasi 10, wali murid memiliki penghasilan tidak lebih dari Rp3 juta dan maksimal memiliki dua orang anak dalam keluarga dibuktikan dengan berkas dari pihak kecamatan, sekolah hingga survei tempat tinggal," jelasnya.

Karlina memastikan tidak ada intervensi ataupun KKN dalam program bidikmisi ini karena seleksi yang ketat.

"Mahasiswa yang menerima bantuan biaya pendidikan lewat bidikmisi harus memanfaatkan kesempatan dengan baik, sehingga dapat menyelesaikan studi strata satu," harapnya.

Ia mengharapkan program Bidikmisi dapat membantu yang berprestasi dan mempunyai cita-cita tinggi tetapi terhambat secara ekonomi sehingga bisa mendapatkan pendidikan lebih tinggi.