INAPGOC geber persiapan uji coba Asian Paragames

id INAPGOC,Asian Paragames,Fanny Irawan,berita sumsel,berita palembang,asian Paragames 2018,Minimum Qualification Score,uji coba Asian Paragames

INAPGOC geber persiapan uji coba Asian Paragames

Dokumentasi- Atlet angkat berat disabilitas melakukan latihan. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 Jakarta, INAPGOC terus menggeber persiapan pelaksanaan uji coba kejuaraan khusus untuk atlet difabel yang sedianya digelar di komplek Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, 27 Juni - 3 Juli.

Direktur Divisi Sport INAPGOC Fanny Irawan seperti dilansir laman resmi kejuaraan tersebut di Jakarta, Senin menjelaskan uji coba ini sangat penting digelar guna menguji kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan empat tahunan yang satu paket dengan Asian Games 2018.

Uji coba ini, kata dia, fokusnya adalah untuk melihat secara langsung infrastruktur yang akan digunakan, sumber daya manusia serta elemen pendukung lainnya mengingat Asian Paragames 2018 membutuhkan perlakukan khusus.

"Melalui uji coba jni kami akan mendorong para atlet secara normal bisa berlaga di Asian Paragames dengan memenuhi standart MQS (Minimum Qualification Score) dan juga unyuk mengecek kesiapan venue sekaligus dukungan dari seluruh divisi," kata Fanny Irawan.

Sesuai dengan rencana, uji coba Asian Paragames 2018 akan mempertandingkan lima cabang olahraga dari 18 cabang yang akan dipertandingkan pada Asian Paragames 2018, 6-13 Oktober yaitu atletik, bulu tangkis, renang, tenis meja dan bola basket kursi roda.

Untuk cabang tenis meja, pada uji coba ini telah mendapatkan pengakuan dari federasi internasional. Bahkan pada kejuaraan ini bakal diikuti oleh peserta dari 13 negara. Untuk bola basket kursi roda diikuti tiga negara yaitu Malaysia, Thailand dan tuan rumah Indonesia.

"Untuk tiga cabang olahraga lainnya hanya diikuti oleh atlet dari perwakilan berbagai daerah di Indonesia," kata Fanny Irawan menambahkan.

Selain untuk menguji kesiapan tuan rumah, pertandingan uji coba ini juga akan digunakan untuk penentuan kategori klasifikasi oleh classifier bersertifikasi internasional karena hal ini akan dijadikan acuan penyelenggaraan Asian Paragames 2018.

Berikut jadwal pertandingan uji coba tiap cabang olahraga : Atletik: 30 Juni  1 Juli, Stadion Madya Gelora Bung Karno Bulutangkis: 27 -28 Juni, Istora Gelora Bung Karno Renang: 1 -2 Juli, Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Tenis Meja: 1 - 3 Juli, GBK Arena Wheelchair Basketball: 1 - 2 Juli, Hall Basket Gelora Bung Karno.