Harga kentang di tingkat pedagang turun

id kentang, komoditas kentang, harga kentang turun, panen kentang, petani kentang, pedagang kentang

Harga kentang di tingkat pedagang turun

Dokumentasi - Petani panen kentang (ANTARA FOTO)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Harga komoditas kentang ditingkat pedagang di sejumlah Pasar Tradisional Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengalami penurunan dari sebelumnya sekitar Rp16.000 menjadi Rp13.000 perkilogram.

"Harga kentang turun sebesar Rp3.000 perkilogram (Kg)," kata Linda salah seorang pedagang sayur di Pasar Baru Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Sabtu.

Dia mengatakan, penurunan harga terjadi sejak tiga hari terakhir padahal sebelumnya untuk satu kg jenis sayuran tersebut harganya dipatok sebesar Rp16.000 sekarang menjadi Rp13.000 perkilogramnya.

Penurunan harga tersebut, kata dia, kemungkinan besar karena petani kentang di beberapa daerah pemasok seperti Kabupaten Liwa, Lampung,  Ranau (Kabupaten OKU Selatan, Sumsel, dan Sumatera Barat sudah memasuki masa panen sehingga pasokannya saat ini sangat berlimpah.

"Karena pasokan kentang banyak, harganya menjadi turun," kata Taupik pedagang lainnya menambahkan.

Dampak penurunan harga tersebut, kata Taupik, daya beli masyarakat di wilayah itu yang membeli kentang saat ini meningkat dua kali lipat dari sebelumnya.

Sejak beberapa hari terkahir, daya beli masyarakat mencapai 10 Kg meningkat dari biasanya hanya sekitar 3-5 kg kentang yang terjual setiap harinya.

"Kemungkinan akhir bulan ini harga kentang kembali turun hingga Rp12.000 perkilogram," kata dia.

Sementara menurut Ana salah seorang pembeli di Pasar Baru mengaku biasa membeli kentang dalam jumlah cukup banyak sekitar 10 kilogram guna kebutuhan usaha catering miliknya yang dimasak untuk acara hajatan.

"Tentu sangat senang dengan penurunan harga tersebut, terlebih lagi sekarang ini usaha catering saya banyak pesanan masakan yang memakai bahan sayuran kentang untuk acara hajatan sehingga bisa menambah keuntungan," ujarnya.