Rakerda kisruh, Sembilan DPC menolak dilantik Ketua PAN

id dpc partai pan tolak dilantik, dpc pan oku kisruh, partai amanat nasional, pan, partai pan kou, dpd pan

Rakerda Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU0 kisruh akibat penolakan pelantikan sembilan DPC partai tersebut, Sabtu (18/11) (ANTARA Sumsel/17/Edo Purmana/I016)

....Sebagian besar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) OKU menolak dilantik oleh Ketua DPD karena dinilai tidak bisa menjalankan tugas sebagai ketua dalam partai kami....
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sembilan DPC Partai Amanat Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menolak dilantik oleh Ketua DPD Rusli Matdian karena dinilai mereka tidak bisa menjalankan roda kepartaian dengan baik.

"Sebagian besar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) OKU menolak dilantik oleh Ketua DPD partai Rusli Matdian karena dinilai tidak bisa menjalankan tugas sebagai ketua dalam partai kami ini ," kata Ketua DPC PAN Kecamatan Peninjauan, Ogan Komering Ulu (OKU) Elfis di Baturaja, Minggu.

Sembilan dari 13 DPC menolak saat akan dilantik oleh DPD PAN OKU dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) berlangsung di Gedung SKB Baturaja pada Sabtu (18/11) itu adalah DPC Kecamatan Peninjauan, Lubuk Batang, Lengkiti, Sosoh Buay Rayap, Baturaja Timur, Baturaja Barat, Kedaton Peninjauan Raya, Sinar Peninjauan, serta Kecamatan Lubuk Raja.

"Alasan sembilan DPC PAN keluar dari forum Rakerda sebelum pelantikan para kader partai, karena kami ingin menyelamatkan partai," katanya.

Dia menegaskan, para kader partai berlambang matahari itu mendesak agar dilakukan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) untuk memilih calon Ketua DPD baru.

"Terlepas Pak Rusli Matdian akan terpilih kembali, yang pasti kami ingin Musdalub segera dilaksanakan," katanya.

Jika konflik ini terus berjalan, kata dia, akan berimbas pada kader partai yang akan kesulitan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif mendatang.

"Imbasnya tidak ada yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota legislatif mendatang karena KPU kesulitan saat melaksanakan verifikasi faktual. Tentunya kami tidak ingin PAN tidak ada wakilnya duduk di kursi dewan," jelasnya. 

Menanggapi sikap sejumlah DPC yang keluar ruangan saat Rakerda yang dihadiri Bakal Calon Gubernur Sumsel, Herman Deru tersebut, Kepala Biro Pengkaderan Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN Sumsel, Supatmi Kohar tidak dapat menutup kekecewaannya.

"Kami akan menjalankan opsi musyawarah mufakat dalam mengatasi masalah ini guna menanyakan apa yang terjadi di DPD PAN OKU dan apa keinginan para DPC sehingga tidak ingin dilantik," ujarnya.***2***

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar