Jelang Asian Games, PLTS Jakabaring dipercepat

id plts jakabaring dipercepat, plts, PT Sharp Corporation pelaksana PLTS, listrik asian games, gubernur sumsel, alex noerdin

Jelang Asian Games, PLTS Jakabaring dipercepat

Dokumentasi - Pembangunan PLTS di kawasan Jakabaring Palembang (ANTARA Sumsel/Evan Ervani/16)

....Pengerjaan konstruksi paling lambat akhir tahun 2017 sudah rampung....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Gubenur Sumatera Selatan Alex Noerdin meminta pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Jakabaring dipercepat karena daerah itu akan menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018.

"Pengerjaan konstruksi paling lambat akhir tahun 2017 sudah rampung," kata gubernur saat menerima pimpinan PT Sharp Corporation selaku pelaksana pembangunan PLTS Jakabaring di Palembang, Kamis.

Dia mengatakan dalam waktu dekat, akan dilaksanakan rapat bersama untuk melihat perkembangan pembangunan pembangkit listrik bebas polusi itu maka pengerjaannya perlu dimaksimalkan.

"Oleh karena itu diharapkan pada Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi Sumsel sebagai penanggung jawab pembangunan untuk mengawal pengerjaan pembangunan tersebut," ujar gubernur.

Lebih lanjut dia mengatakan, jadi bila terus dikawal maka bila ada kendala segera dilaporkan dan ditangani sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi.

Sementara Pimpinan PT Sharp Corporation Japan, Mr Sato dalam pertemuan tersebut mengatakan, pihaknya mengapresiasi semua pihak terkait, terutama Pemerintah Provinsi Sumsel sehingga proyek PLTS tersebut dapat berjalan lancar.

Pihaknya mengharapkan pengerjaan proyek dengan nilai investasi tiga juta Dolar AS tersebut bisa dipercepat untuk mengejar batas waktu yang diberikan Pemerintah Jepang yakni untuk subsidi dana harus bisa diterima pada Desember 2017.

Pengerjaan di lokasi diharapkan bisa dipercepat agar subsidi bisa didapatkan pada bulan Desember 2017.

Sementara Direktur Operasional PDPDE Sjamsul Rizal Usman mengatakan kondisi pengerjaan saat ini sudah dalam pengecoran balok pondasi, sampai hari ini progresnya mencapai 40 persen.    

Mengenai kendala yang dihadapi saat hujan mengakibatkan lokasi pengerjaan becek sehingga sedikit menghambat.

Namun, lanjut dia, pihaknya memastikan konstruksi akan terus dipercepat karena secara umum belum ada kendala yang berarti.

"Untuk pengerjaan di bagian kelistrikan akan berjalan paralel baik penanaman kabel, penyambungan dan sebagainya," tambah dia.