Mendongeng dapat membentuk karakter anak

id dongeng, anak, tk, kecil, cerita, budaya tradisional, karakter, sifat

Mendongeng dapat membentuk karakter anak

Dokumentasi- Anak-anak TK. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Medan (ANTARA Sumsel) - Para orang tua diharapkan dapat membiasakan mendongeng kepada anak-anaknya, karena mendongeng penting dalam tumbuh kembang anak, khususnya untuk pembentukan karakter anak.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Medan, Selasa, mengatakan, Indonesia kaya akan budaya tradisional yang memuat nilai-nilai filosofis dan kearifan lokal seperti halnya mendongeng.

Dengan mendongeng, orang tua dan anaknya juga semakin mengalami kedekatan emosional dan menjalin hubungan romantis dalam keluarga.

"Anak-anak zaman sekarang sudah lebih berkutat dengan gadget. Bangun tidur cari gadget, mau tidur pun cari gadget. Bagaimana anak-anak kita bisa cerdas bekembang kalau salah proses pembentukannya," ungkap Akhyar.

Ia mengatakan anak adalah manivestasi bangsa yan sejak usia dini perlu didorong perkembangannya secara motorik dan psikomotorik, karena pada usia dini ini, perkembangan anak ditentukan.

Untuk itu dia ingin anak-anak generasi sekarang ini tidak salah didik, anak-anak harus dibangun rasa kepekaan sosialnya dengan baik.

Mendongeng merupakan warisan leluhur yang bisa dijadikan sarana tersendiri bagi anak-anak untuk dilatih membangun imajinasi dan kreativitasnya secara natural, sehingga ketika tumbuh besar, mereka akan menjadi orang-orang yang berkualitas.

Untuk itu, wakil wali kota menyatakan akan mendukung semua pihak yang mencoba membudayakan mendongeng, misalnya dengan menggelar lomba mendongeng bagi guru TK dan Guru PAUD.

"Bagaimanapun karakter anak harus dibentuk secara alami melalui proses yang seharusnya dilaluinya pada dimensi-dimensi waktu tertentu. Ada begitu banyak buku dogeng yang bisa dijadikan inspirasi bagi orang tua untuk mendongengkan anaknya," katanya.