Kabupaten OKU terapkan program SMS

id program sms, stop mising sembarangan, buat hajat, buang air besar, jamban, kloset, wc umum

Kabupaten  OKU terapkan program  SMS

Jamban sehat (FOTO ANTARA)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendukung program "Stop Mising Sembarangan" atau SMS bagi masyarakat di wilayah itu agar tidak membuang air besar di sembarang tempat.

"Kami sangat mendukung program SMS khususnya bagi masyarakat pedesaan di Ogan Komering Ulu (OKU) agar sadar untuk tidak Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat," kata Kabid Kesehatan Masyarakat  Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU, Deddy di Baturaja, Rabu.

Deddy mengatakan, program SMS yang dimiliki oleh Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) OKU melalui Kelompok Kerja (Pokja) IV tersebut akan diterapkan pada  2018.

"Untuk menuju Sumsel SMS tahun 2018, dilakukan secara stimulan. Mulai dari upaya bantuan untuk jamban keluarga misalnya bantuan berupa kloset kepada warga," katanya.

Menurut dia, kebiasaan BAB bukan pada tempatnya masih dilakukan sebagian besar masyarakat di wilayah pedesaan yang ada di Kabupaten OKU.

"Kesadaran BAB pada tempatnya dinilai masih rendah karena dari 157 desa di OKU diketahui belum 100 persen memiliki jamban keluarga," ungkapnya.

Oleh sebab itu kata dia, program SMS dinilai perlu dilakukan khususnya bagi penduduk di pedesaan yang terbiasa BAB pada tempatnya untuk diberikan kloset secara gratis.

Bantuan tersebut, lanjut dia, diberikan kepada masyarakat yang tidak memiliki jamban agar membiasakan pola hidup bersih dan sehat dengan BAB pada tempat yang telah disediakan.

Ia mengemukakan, program ini nantinya dilakukan secara kerja lintas sektor melibatkan anggota PKK dan TNI serta seluruh camat di wilayah kecamatan masing-masing.

"Harapan kita mulai 2018 nanti tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan," ujarnya.