Warga Palembang diimbau waspadai DBD

id sekda kota, harobin mustafa, demam berdarah, dbd, warga

Warga Palembang diimbau waspadai DBD

Sekda Kota Palembang Harobin Mustafa. (ANTARA Sumsel/16/Yudi Abdullah)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengimbau warga agar mewaspadai ancaman penyakit demam berdarah dengue selama musim hujan enam bulan ke depan.

"Berdasarkan pengalaman musim hujan tahun-tahun sebelumnya, setiap musim hujan terjadi peningkatan jumlah penderita  demam berdarah dengue (DBD)," kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, selama musim hujan, warga kota ini harus meningkatkan kewaspadaan dari ancaman penyakit yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya itu.

Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di Palembang dan daerah lainnya sejak sepekan terakhir, mengakibatkan banyaknya genangan air.

Genangan air hujan bisa memicu berkembangbiaknya jentik nyamuk aedes aegypty (demam berdarah dengue) menyebarkan virus DBD, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi meningkatnya penderita DBD, melalui Dinas Kesehatan pihaknya berupaya melakukan sosialisasi mengenai pencegahan dan penanganan penyakit itu.

Kemudian, pihaknya juga menyiagakan rumah sakit daerah dan sejumlah puskesmas yang ada di sekitar kawasan permukiman penduduk untuk memberikan tindakan medis secara cepat dan tepat terhadap warga yang terserang DBD.

Selain itu, warga kota ini didorong serta untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan agar tidak berkembang sarang nyamuk yang dapat menimbulkan wabah  demam berdarah, ujar Sekda.