Festival pempek Palembang dan beragam menu unik

Pewarta : id festival pempek, empek-empek, es, palembang icon mal

Kreasi pempek dalam Festival Pempek dan Es di PIM, Palembang, Rabu (27/9). (Antarasumsel.com/17/Feny Selly/Dol)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Palembang Icon Mall menggelar Festival Pempek dan Es Festival yang menjadi bagian dalam Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival oleh Kementerian Pariwisata, 27 September-27 Oktober 2017.

Ajang ini merupakan inisiasi Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) yang digelar  serentak di seluruh mall di 19 kota di Indonesia.

Sebanyak 37 gerai menyajikan varian pempek dan makanan olahan ikan khas Palembang, varian es dan berbagai dessert dan makanan ringan yang unik dari beragam brand baik yang ternama dan UMKM di
Kota Palembang.

Ketua APBBI Sumsel Choing mengatakan aneka pempek yang mengikuti festival ini yakni Pempek Cece 88, Pempek Alan 10 Ulu, Pempek JoJoo, Pempek 289, Pempek Candy, Pempek Wawa, Pempek Berbie, Pempek eMBOOL 153, Pempek Terkenal, Pempek Honey, Pempek Saga Sudi Mampir, Otak-Otak Bang Kumis, Otak-Otak Ny. Bong, Pempek Pink (Pempek Udang), dan Fish Rock.

"Menariknya setiap stand menyajikan menu yang beragam," kata dia.

Selain sajian pempek juga hadir beragam varian makanan olahan ikan yang unik seperti telur ukan, otak-otak jumbo, pangsit ikan, pempek udang, tekwan, model, lenggang yang diolah dengan sangat menarik dan tentunya menggugah selera.

Festival kali ini juga diramaikan dengan beragam varian es, dessert dan makanan masa kini yang sangat cocok dipadukan dengan pedasnya cuka pempek dari Es Kacang Saga Sudi Mampir, De¿Coco, Lean Tea, King Mango.Lo, Fando¿s Ice Cream, Fruty Salad Citra, Laupasat, Palembang Lamonde, Xiabu-xiabu, Pentol Pedas Jeletot dan Pisang Nugget Onang, Jank-jank Wings, Le Jardin Patisserie, Kings Bao, Sambel Ndower, The Nomnom, dan Drink Station By Eat Street.

Harga dari setiap menu juga sangat beragam dan "ramah di kantong", mulai dari kisaran lima ribu rupiah hingga dua puluh lima ribu rupiah.

Ia mengatakan penyelenggaraan pesta kuliner ini kembali diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya Sumatera Selatan sebagai dukungan APPBI untuk mendatangkan wisatawan manca negara ke Palembang.

"Pempek Festival diharapkan akan menjadi agenda tahunan sekaligus menyambut Asian Games di tahun 2018 mendatang," kata Choing.
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar