Festival Pempek di Banyuasin pacu inovasi olahan ikan

id sumsel, festival pempek, banyuasin

Festival Pempek di Banyuasin pacu inovasi olahan ikan

Dinas Perikanan bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin menggelar Festival Pempek dan lomba masak serba ikan di Gedung Graha Sedulang Setudung, Rabu (06/03/2024). (ANTARA/HO/Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Dinas Perikanan bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin menggelar Festival Pempek dan lomba masak serba ikan di Gedung Graha Sedulang Setudung, Rabu (06/03/2024).

Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim membacakan menyebutkan lomba kali ini merupakan rangkaian Kegiatan dimaksudkan dalam rangka untuk mendorong anggota PKK menciptakan menu olahan ikan yang variatif untuk mendukung Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan sebab produk olahan makanan kuliner ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta dapat membantu menurunkan angka stunting.

Erwin juga menjelaskan dalam lomba tersebut ditampilkan berbagai macam menu olahan serba ikan. Hal itu dimaksudkan untuk membangkitkan kreatifitas dalam pengolahan makanan ikan sehingga menghasilkan diversifikasi olahan yang diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, khususnya ikan potensi atau unggulan daerah yang banyak terdapat di Kabupaten Banyuasin.

“Ikan memiliki protein yang tinggi dan baik untuk nutrisi gizi bagi kita dan anak anak kita karena itu mulai sedini mungkin kita membiasakan anak anak kita makan makanan bergizi seperti ikan air tawar ataupun ikan air laut” jelasnya.

Sementara itu Pj Ketua TP-PKK Banyuasin Hj Merry Hani mengatakan melalui Program GEMARIKAN juga dilakukan Kegiatan Festival Pempek dan Lomba Masak Serba Ikan yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin.

Ibu-ibu Penggerak PKK berperan penting dalam memasyarakatkan nilai lebih dari konsumsi ikan melalui sosialisasi keutamaan nilai gizi yang terkandung dalam daging ikan dan diversifikasi produk olahan berbahan ikan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga.

“Gemar makan ikan harus dibiasakan sejak kecil, karena banyak sekali keuntungan dengan kita mengkonsumsi ikan, diantaranya stamina akan selalu terjaga dan semangat kerja akan selalu prima”, ungkapnya.