Ronaldo bawa Portugal menang 3-0 atas Hungaria

id Real Madrid, klasemen Liga Spanyol, Osasuna, gol, Cristiano Ronaldo, Isco, Lucas Vazquez

Ronaldo bawa Portugal menang 3-0 atas Hungaria

Cristiano Ronaldo (kiri) (REUTERS/Miguel Vidal)

Lisbon (Antara/Reuters) - Cristiano Ronaldo mencetak dua gol kejutan dan kini telah mengoleksi 70 gol internasional, ketika ia memimpin Portugal untuk menang 3-0 atas Hungaria pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada Sabtu.

Kapten Portugal itu mengemas gol dari jarak 25 meter setelah ia mendapatkan bola dari sepakan tumit Andre Silva, dan memasukkan bola tendangan bebas jarak jauh pada babak kedua. Silva membuka keunggulan timnya melalui pergerakan di mana Ronaldo juga ambil bagian.

Kemenangan ini mempertahankan sang juara Eropa tetap tertinggal tiga angka dari pemuncak klasemen Grup B Swiss, yang pada pertandingan yang dimainkan lebih awal menang 1-0 atas Latvia untuk mempertahankan rekor 100 persen mereka dengan 15 angka dari lima pertandingan.

Kekalahan ini membuat Hungaria tetap berada di peringkat ketiga dan memiliki peluang yang kecil untuk dapat tampil perdana di Piala Dunia sejak 1986.

Portugal nyaris disingkirkan Hungaria dari fase grup Piala Eropa, namun mereka mampu bangkit tiga kali untuk memaksakan hasil imbang 3-3.

Tetapi kali ini mereka tidak mengalami masalah serupa meski mengawali pertandingan dengan lambat, di mana tendangan bebas Ronaldo melambung di atas mistar dan tandukannya melebar dari umpan silang Ricardo Quaresma.

Saat keputusan pelatih Fernando Santos untuk meninggalkan Bernardo Silva terlihat akan menjadi "senjata makan tuan," Portugal mampu membuka keunggulan.

Ronaldo mengirim operan kepada Raphael Guerreiro di sisi kiri dan umpan silang mendatarnya dapat disambar ke tiang jauh oleh Silva yang tidak terkawal pada menit ke-32.

Empat menit berselang, bola panjang Pepe diteruskan Silva dengan sepakan tumit tertuju kepada Ronaldo, yang melesakkan tembakan kaki kiri mendatar antara Peter Gulasci dan tiang dekat dari jarak 25 meter, dengan akurasi luar biasa.

Bermodalkan rasa percaya diri, pencetak gol terbanyak Portugal sepanjang masa itu kemudian berusaha untuk menyambar bola kiriman Joao Mario dengan "bicycle kick" namun sepakannya tidak cukup keras sehingga dapat ditahan dengan baik oleh Gulacsi.

Namun ia tidak dapat dicegah untuk kembali mengemas gol, dan ketika Ricardo Quaresma memenangi tendangan bebas di luar kotak penalti pada menit ke-65, Ronaldo menjadi eksekutornya.

Kritikan-kritikan yang diterimanya pada Piala Eropa 2016 untuk rekor tendangan-tendangan bebasnya, kali ini ia tidak melakukan kesalahan saat mencetak gol dengan sepakan yang melintasi pagar pemain dan memantul di depan Gulacsi.

Itu merupakan gol ke-70nya untuk Portugal dari 138 penampilan.

Grup ini kelihatannya akan mencapai puncak persaingan saat Portugal berhadapan dengan Swiss pada Oktober.

Hanya para juara dari sembilan grup Eropa yang melaju langsung ke Rusia tahun depan, sedangkan delapan runner up terbaik mengikuti putaran playoff untuk memperebutkan empat tiket lagi.  (H-RF)

Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar