3.841 personel Linmas siap amankan Pilkada

id pol pp, pol pp oku

3.841 personel Linmas siap amankan Pilkada

Pol PP OKU (Foto Antarasumsel.com/15/E Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 3.841 personel anggota Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan siap ikut membantu aparat mengamankan pelaksanaan Pilkada calon Bupati dan Wakil Bupati OKU, 9 Desember 2015.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Ogan Komering Ulu (OKU), Agus Salim di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa jumlah personel satuan perlindungan masyarakat (Linmas) tersebut ditambah dari sebelumnya hanya 2.750 orang sesuai arahan dari Menteri Dalam Negeri demi mewujudkan Pilkada serentak aman dan tertib.

Menurut dia, awalnya jumlah petugas Linmas yang akan dikerahkan untuk membantu mengamankan pilkada hanya 2.750 orang, namun sesuai petunjuk dari pusat jumlahnya ditambah menjadi 3.841 orang.

Dia menjelaskan, seluruh anggota linmas itu akan ditempatkan di setiap desa sebanyak 13 orang, 24 orang per kecamatan dan dua orang per Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Di desa ada sebanyak 2.041 orang anggota linmas yang akan kita turunkan untuk membantu aparat polisi dan TNI mengamankan Pilkada, sementara di kantor camat 288 orang, kabupaten 84 orang dan di 714 TPS akan dijaga 1.428 anggota linmas," tegasnya.

Mengenai honor para personel linmas itu, seluruh biayanya akan dibayar oleh KPU OKU, katanya tanpa menyebutkan besaran honor para personel linmas tersebut.

Sementara untuk anggota Sat Pol PP OKU sendiri kata Agus, jumlah yang akan dikerahkan untuk membantu mengamankan Pilkada nanti adalah sebanyak 350 orang.

Adapun tugas mereka adalah mengamankan seluruh aset milik Pemkab OKU selama Pilkada, seperti kantor KPU, kantor bupati, rumah dinas bupati dan gedung DPRD OKU.

"Sat Pol PP disiagakan untuk membantu aparat mengamankan aksi demo saja," katanya.

Ia menambahkan, khusus untuk pengamanan di KPU OKU sendiri, pihaknya akan melakukan pengamanan ketat selama 24 jam sejak sehari menjelang hingga hari pelaksanaan pencoblosan.