Kota Yokaichi bisa jadi `sister city` Palembang

id kota yakaichi, jepang, kota palembang, sampah, pengolahan sampah, teknologi

Kota Yokaichi bisa jadi `sister city` Palembang

Kota Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/15/Den)

....Banyak kemiripan, seperti ada sungai yang membelah kota, ada pabrik gas dan minyak. Kondisi Palembang ini, persis seperti 50 tahun lalu Kota Yokaichi yakni ada sampah di pusat kota, ada polusi dan bau tidak sedap di dekat tempat pengumpulan sampa
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kota Yokaichi Jepang berharap menjadi `sister city` Kota Palembang dalam penerapan sistem pengolahan sampah dan sanitasi, karena memiliki kemiripan secara bentang alam dan kedekatan secara historis.

Kepala Pusat Sanitasi Jepang Hideki Minamikawa di Palembang, Kamis, mengatakan, Jepang tertarik mentrasferkan teknologi agar Kota Palembang menjadi seperti Kota Yokaichi.

"Banyak kemiripan, seperti ada sungai yang membelah kota, ada pabrik gas dan minyak. Kondisi Palembang ini, persis seperti 50 tahun lalu Kota Yokaichi yakni ada sampah di pusat kota, ada polusi dan bau tidak sedap di dekat tempat pengumpulan sampah," kata Hideki seusai bertemu dengan Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Mantan Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang ini mengatakan, pada masa itu, Jepang bertumbuh menjadi negara industri tapi sungguh disayangkan tidak terlalu peduli terhadap lingkungan.

Akibatnya, terjadi dampak jangka panjang pada kesehatan warganya dan masih berpengaruh hingga kini.

Namun, seiring dengan kesadaran terhadap penyelamatan lingkungan membuat Jepang mampu menggalang kekuatan dari kalangan pebisnis untuk mendanai program pengolahan sampah. 

Berkaca dari pengalaman tersebut, Jepang memiliki historis mendalam dengan Kota Palembang, karena tercatat yang membangun Jembatan Ampera (penghubung wilayah Seberang Ulu I dan Seberang Ulu II), berharap ibu kota Sumatera Selatan ini mulai berbenah sehingga menjadi kota yang bersih dan bebas dari polusi.

Untuk itu, pada tahap awal Jepang ingin mentransferkan teknologi penanggulangan sampah ke Palembang dengan pendanaan ditanggung oleh Negeri Matahari tersebut.

"Respon sudah sangat baik dari Palembang, Jepang berharap Wali Kota mau mengunjungi Yokaichi secara langsung pada November mendatang bertepatan dengan seminar tentang lingkungan antarnegera Asia. Nanti akan diajak melihat langsung kawasan industri yang sudah berwawasan lingkungan," kata dia.

Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan sangat mengapresiasi ajakan pemerintah Jepang ini dengan bersedia hadir membawa serta rombongan.

"Untuk tahap awal, Palembang akan menepati janji untuk menyediakan data-data yang dibutuhkan Jepang untuk menerapkan teknologi pengolahan sampah," kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar